FOLLOW US:

SOKRATISPAPASTATHOPOULOS

Sokratis Papastathopoulos
Nama Lengkap : Sokratis Papastathopoulos
Tempat Lahir : Kalamata, Yunani
Tanggal Lahir : 09 Juni 1988 (30 Tahun)
Kebangsaan : Yunani
Posisi : Bek
No Punggung : 26
Tinggi : 185 cm

Karir

  • 2005 - 2008 : AEK Athens
  • 2006 - 2007 : Niki Volos
  • 2008 - 2010 : Genoa
  • 2010 - 2011 : AC Milan
  • 2011 - 2012 : Werder Bremen
  • 2012 - 2013 : Werder Bremen
  • 2013 - : Borussia Dortmund

Sokratis Papastathopoulos merupakan seorang pemain sepak bola berkewarganegaraan Yunani yang bermain di posisi bek tengah dan bek kanan. Karena nama keluarga Papastathopoulos kurang sesuai untuk disematkan di kaosnya, ia memilih untuk memakai nama Sokratis. Namun dalam kesehariannya ia lebih sering dikenal dengan panggilan Papa. Ia merupakan salah satu idola para fans Borussia Dortmund setelah bermain secara konsisten dan impresif di musim pertamanya berseragam kuning hitam.

Papa bergabung dengan AEK Athens setelah bermain untuk Apollon Petalidiou. Debutnya untuk AEK Athens adalah pada pertandingan melawan PAS Giannina di turnamen Greek Cup dan berhasil mencetak gol pada pertandingan debut itu. Gol yang dicetaknya tersebut mengantarkan timnya menang atas Giannina dengan skor akhir 3-0.

Pada Januari 2006 Papa dipinjamkan ke Niki Volas, sebuah tim yang bermarkas di Yunani dan bertanding di turnamen divisi dua. Papa dipinjamkan selama enam bulan masa kontrak dengan diturunkan pada lima belas pertandingan dan mendapatkan pengalaman yang berharga untuk karirnya sebagai pemain sepak bola.

Selama musim 2006-2007 Papa kembali bergabung dengan AEK Athens setelah masa kontrak peminjamannya berakhir. Ia pun diturunkan di empat belas pertandingan turnamen Superleague Greece. Pada turnamen UEFA Champion League 2006-2007 Papa ditiurunkan pada tiga dari enam pertandingan.

Dari tiga pertandingan tersebut Papa mengantarkan timnya menang pada satu pertandingan yakni saat melawan Milan. Selama turnamen Superleague Greece musim 2007-2008 Papa diturunkan ke lapangan secara konsisten sebagai punggawa utama lini pertahanan AEK Athens, menggantikan posisi sebelumnya yang diisi oleh Geraldo Alves.

Pada awal Agustus 2008 Papa setuju untuk pindah dari tim yang telah membesarkan namanya selama tiga musim, AEK Athens, dan bergabung dengan Genoa dengan harga transfer yang tidak dipublikasikan ke media massa. Pada hari yang sama dengan penandatanganan kontrak Papa langsung bermain pada pertandingan klub melawan rekan timnya sendiri.

Sedangkan debut resminya untuk Genoa adalah pada pertandingan melawan Fiorentina yang diikuti dengan bertandang menghadapi Ravenna Calcio pada turnamen Coppa Italia beberapa hari kemudian. Gol pertama untuk Genoa dicetak bek kelahiran Yunani ini di bulan Oktober 2008 pada pertandingan melawan Napoli. Selama musim 2009-2010 Papa diturunkan di sebagian besar pertandingan liga dan menjadi idola para penggemar Genoa.

Pada Juli 2010 manajemen Milan mengumumkan melalui website resminya bahwa pemain idola Genoa ini bergabung dengan Milan setelah tercapai kesepakatan kontrak dengan biaya transfer sejumlah €14 juta. Namun tak lama berkarir di Milan, satu tahun berikutnya Papa bergabung kembali dengan Genoa dengan kontrak kerjasama antar kedua tim.

Beberapa bulan kemudian Papa bergabung dengan Werder Bremer sebagai pemain pinjaman sampai akhir musim 2011-2012. Performa impresif di atas lapangan yang berhasil ditunjukkan oleh Papa membuatnya layak untuk dihadiahi kontrak permanen dari manajemen Werder Bremer dengan biaya transfer sejumlah €5 juta.

Di penghujung Mei 2013 Sokratis pindah ke Borussia Dortmund dengan masa kontrak sampai tahun 2018. Kabar di media menyatakan biaya transfer Papa mencapai €9,5 juta dan gaji rutin ₤2 juta per musim. Pemain asal Yunani ini menyikapi bayaran yang diterimanya dengan mengaku pada media bahwa uang bukanlah motivasi utama baginya untuk bergabung dengan Dortmund, namun masa depan yang lebih cerah dan menjanjikan adalah pertimbangan utamanya hengkang ke Signal Iduna Park.

 

Oleh: Dhianita Kusuma Pertiwi

Berita Terbaru Sokratis Papastathopoulos

Usai Napoli, Sokratis Kini Bidik Valencia

Usai Napoli, Sokratis Kini Bidik Valencia

19-04-2019 07:53

Bek Arsenal Sokratis Papastathopoulos mengatakan Valencia adalah tim bagus namun The Gunners bakal menumbangkan tim Spanyol tersebut.

Dikalahkan Rennes, Petr Cech: Kartu Merah Ubah Segalanya!

Dikalahkan Rennes, Petr Cech: Kartu Merah Ubah Segalanya!

08-03-2019 17:20

Cech menyebut kartu merah yang didapatkan Sokratis Papasthathopoulos mengubah jalannya laga.

Hasil Pertandingan Rennes vs Arsenal: Skor 3-1

Hasil Pertandingan Rennes vs Arsenal: Skor 3-1

08-03-2019 03:05

Arsenal dipaksa bertekuk lutut saat menghadapi Rennes dengan skor 1-3 di leg pertama babak 16 besar Liga Europa di Steda de la Route de Lorient, Jumat (08/03) dini hari WIB.

Sokratis Indikasikan Akan Hengkang Dari Arsenal

Sokratis Indikasikan Akan Hengkang Dari Arsenal

06-03-2019 22:20

Bek Timnas Yunani itu mengindikasikan tidak akan bertahan lama di London Utara.

Api Semangat Arsenal Masih Belum Padam

Api Semangat Arsenal Masih Belum Padam

04-03-2019 07:46

Arsenal turun ke peringkat lima, tapi Sokratis Papastathopoulos tidak patah arang. Pemain yang berposisi sebagai bek The Gunners itu yakin bahwa timnya masih punya peluang besar untuk finis di empat besar pada akhir musim ini.

Meski Jarang Tampil, Ozil Tetap Dianggap Penting oleh Arsenal

Meski Jarang Tampil, Ozil Tetap Dianggap Penting oleh Arsenal

23-02-2019 00:30

Gelandang serang Arsenal, Mesut Ozil, belakangan ini lebih sering terlihat di bangku cadangan. Meski begitu, Sokratis Papastathopoulus selaku bek The Gunners masih memandang pemain asal Jerman itu sebagai sosok penting di klubnya.

Kabar Baik untuk Arsenal, Koscielny Sudah Berlatih Lagi

Kabar Baik untuk Arsenal, Koscielny Sudah Berlatih Lagi

01-02-2019 18:49

Kapten Arsenal Laurent Koscielny sudah berlatih kembali setelah sebelumnya mengalami cedera rahang dan kemungkinan bisa bermain lawan Manchester City.

Cedera, Sokratis Menepi Satu Bulan

Cedera, Sokratis Menepi Satu Bulan

28-01-2019 12:00

Bek mereka, Sokratis Papasthathopoulos dikabarkan akan absen selama satu bulan karena cedera.

Cech Doakan Cedera Sokratis dan Koscielny Tidak Parah

Cech Doakan Cedera Sokratis dan Koscielny Tidak Parah

26-01-2019 12:40

Cech berharap kedua bek Arsenal itu tidak mengalami cedera yang parah.

Bertengkar dengan Bek Arsenal, Van Dijk: Saya Cuma Lindungi Teman

Bertengkar dengan Bek Arsenal, Van Dijk: Saya Cuma Lindungi Teman

31-12-2018 08:00

Bek Liverpool, Virgil van Dijk, tampak ikut membantu Mohamed Salah saat rekan setimnya itu berseteru dengan bek Arsenal, Sokratis Papastathopoulos. Ia mengaku melakukannya karena ingin melindungi rekan setimnya.