FOLLOW US:


Lionel Messi Rela Mengubah Pola Makan demi Menghindari Cedera

11-10-2019 11:40

 | Richard Andreas

Lionel Messi Rela Mengubah Pola Makan demi Menghindari Cedera
Lionel Messi, Barcelona © AP Photo

Bola.net - Lionel Messi masih menjaga dedikasi tinggi untuk Barcelona. Sang kapten bahkan rela mengubah pola makannya demi menjaga kondisi tubuh sebugar mungkin dan terhindar dari cedera.

Kabar ini disampaikan oleh Maria Antonia Lizarraga, ahli nutrisi di Barcelona. Dia bertugas mengatur diet pemain-pemain Barca, yana ternyata sering berhubungan dengan pemain-pemain cedera.

Maria bertanggung jawab terhadap nutrisi yang dikonsumsi para pemain. Mudahnya, dia mengatur menu pemain Barca sehari-hari, tentu dengan tujuan memaksimalkan kondisi tubuh setiap pemain.

Uniknya, nutrisionis seperti Maria kerap dimintai saran oleh pemain-pemain yang cedera. Dia bekerja sama dengan tim medis dan pelatih kebugaran untuk membantu pemain-pemain tersebut.

Kali ini, dia mengingat kembali bagaimana reaksi Messi ketika cedera. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Diet Mencegah Cedera?

Menjaga diet atau pola makan ternyata jauh lebih penting dari yang diduga, bahkan bisa menyelamatkan pemain dari cedera parah. Di Barcelona, Maria selalu berusaha merancang konsumsi nutrisi yang tepat. Juga, para pemain ternyata sudah memahami apa yang baik dan apa yang kurang baik untuk tubuh mereka.

"Kami tahu sepanjang musim pemain bisa dengan mudah berubah dari kondisi maksimal mejadi cedera. Tujuan kami adalah merancang pola diet yang tepat supaya para pemain tetap mengembangkan kebugaran mereka dan tidak cedera," kata Maria kepada Sport.

"Para pemain semakin memahami jenis-jenis jus tertentu, gelatin, dan makanan lain yang bisa membantu mereka. Penting bagi mereka mengonsumsinya secara rutin supaya terhindar dari cedera."

2 dari 2

Kasus Messi

Maria memberi contoh kasus La Pulga, sang kapten. Meski performanya masih luar biasa, Messi tidak lagi muda. Dia bisa menjaga kebugaran karena menjalani program diet yang tepat. Pemain-pemain Barca yang lain pun meniru langkah tersebut.

"Lihat saja kasus Messi. Pada satu titik dalam kariernya, dia mengubah dietnya untuk mengurangi risiko cedera," sambung Maria.

"Pada umumnya, jika ada pemain yang sering cedera atau menderita cedera serius, mereka mulai bertanya apakah ada program diet yang bisa membantu mereka."

"Berangkat dari situ, mereka mulai melakukannya secara rutin. Yang penting adalah mengedukasi diri Anda sendiri," tandasnya.

Sumber: Sport