FOLLOW US:


Tidak Banyak Gol tapi Masih Esensial, Lionel Messi di Barcelona

02-12-2020 06:20

 | Richard Andreas

Tidak Banyak Gol tapi Masih Esensial, Lionel Messi di Barcelona
Bintang Barcelona Lionel Messi. © AP Photo

Bola.net - Ronald Koeman akhirnya bicara soal pergeseran peran Lionel Messi di Barcelona musim ini. Dia tahu Messi mulai jarang bikin gol, tapi itu bukan alasan untuk khawatir.

Musim ini data membuktikan Messi tidak setajam biasanya. Dia sempat kesulitan mencetak gol dari open play, hanya bisa dari titik putih.

Diduga penurunan Messi ini merupakan akibat dari perubahan besar Barca di bawah Koeman. Messi tidak lagi jadi pusat permainan. Dia masih penting, tapi ada pemain-pemain lain yang bisa meringankan bebannya.

Lalu apa jawaban Koeman sendiri? Scroll ke bawah ya, Bolaneters!

1 dari 2

Masih esensial

Sekarang Messi tidak lagi memikul semuanya sendiri. Dia terkadang tidak perlu jadi bintang utama pertandingan, ada pemain-pemain lain sepeti Philippe Coutinho dan Antoine Griezmann yang membantu memikul beban bersama.

Kendati demikian, Koeman menegaskan Messi masih sangat penting. Memang tidak lagi segala-galanya Messi, tapi masih krusial.

"Dia [Messi] sangat penting dalam serangan sebab ketika bola sampai padanya maka ada pergerakan," kata Koeman kepada Marca.

"Anda tidak selalu bisa mencetak lebih dari 30 gol, tapi operannya masih sangat berkualitas. Dia sangat penting untuk tim dan pergerakan serangan kami."

2 dari 2

Soal selebrasi Messi?

Messi pun ambil bagian pada kemenangan 4-0 Barca atas Osasuna akhi pekan lalu. Dia mencetak gol pembungkus dan mempersembahkannya untuk mendiang Diego Maradona.

Messi mengenakan kostum Maradona saat masih membela Newell's Old Boys. Selebrasi ini menyentuh, tapi melanggar peraturan. Messi pun dihukum kartu kuning dan Barca dijatuhi denda 3.000 euro.

"Kami tahu peraturan kartu kuning itu, tapi kami pun tahu bahwa itu adalah bentuk dedikasinya pada Maradona, ketika dia melepas kostumnya," lanjut Koeman.

"Ini bukan keputusan saya, tapi jika itu saya, saya akan mencabut hukuman itu," tandasnya.

Sumber: Marca