FOLLOW US:


Bukan Hanya Piawai Cetak Gol, Osvaldo Haay Juga Jago Dalam Hal ini

04-12-2019 13:41

 | Aga Deta

Bukan Hanya Piawai Cetak Gol, Osvaldo Haay Juga Jago Dalam Hal ini
Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia U-22 berhasil mengalahkan Brunei Darussalam dengan skor 8-0 pada laga keempat Grup B SEA Games 2019, Selasa (3/12/2019). Pemain Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay, menjadi bintang dalam pertandingan tersebut.

Pada pertandingan tersebut Osvaldo mencetak hattrick. Gol Osvaldo ke gawang Brunei masing-masing dicetak pada menit ke-11, 45+2, dan 72.

Dengan tambahan tiga gol tersebut, Osvaldo Haay sementara sudah menyumbang lima gol untuk Timnas Indonesia U-22 selama SEA Games 2019.

Raihan tersebut membuat Osvaldo Haay kini menjadi top scorer sementara bersama pemain Vietnam, Ha Duc Chinh dengan lima gol. Torehan itu membuktikan Osvaldo piawai dalam urusan mencetak gol.

Selain bagus dalam urusan mencetak gol, Osvaldo Haay juga mempunyai keunggulan dalam aspek lainnya. Berikut ini 5 keunggulan yang dimiliki Osvaldo Haay seperti dilansir Bola.com.

1 dari 5

1. Body Balance

Meskipun memiliki postur kecil, Osvaldo Haay sangat bagus dalam urusan body balance. Ia justru sering unggul dari pemain-pemain bertahan lawan dalam masalah body balance.

Pemain berusia 22 tahun itu mempunyai kuda-kuda yang bagus yang membuatnya sangat kuat dalam urusan keseimbangan. Golnya ke gawang Singapura menjadi bukti Osvaldo mempunyai body balance yang bagus sebelum mencetak gol.

2 dari 5

2. Kecepatan

Tak bisa dipungkiri, Osvaldo sering menggunakan kecepatan sebagai senjata andalannya di lapangan. Itu terlihat saat Timnas Indonesia U-22 menang atas Singapura di SEA Games 2019 dengan skor 2-0.

Gol kedua Indonesia pada laga tersebut berasal dari kecepatannya yang sukses melewati dua pemain belakang Singapura sebelum melepaskan umpan ke Asnawi Mangkualam Bahar.

3 dari 5

3. Kemampuan Duel

Posturnya yang kecil tampaknya tak menghalangi Osvaldo untuk berani duel dengan para pemain lawan. Tak jarang ia sukses memenangkan duel satu lawan satu dengan pemain lawan.

Ia merupakan pemain dengan tipikal ngotot, terutama saat merebut maupun membawa bola. Alhasil, dia jarang kehilangan bola.

4 dari 5

4. Fisik Bagus

Pada dua pertandingan awal, Osvaldo memang bermain dari bangku cadangan. Namun, dalam dua laga terakhir ia selalu menjadi andalan sejak menit awal. Dia memperlihatkan kondisi fisik prima dalam pertandingan tersebut.

Osvaldo tak tergantikan dalam dua pertandingan terakhir dan membuatnya tampil penuh sepanjang pertandingan.

5 dari 5

5. Daya Jelajah

Dalam beberapa pertandingan terakhir, Osvaldo Haay merupakan sosok yang paling diwaspadai lawan, tak terkecuali Timnas Vietnam. Bahkan, sang pelatih, Park Hang-seo memberikan interuksi khusus buat para pemainnya.

Menurut Park Hang-seo, Osvaldo merupakan pemain yang mempunyai kecepatan dan daya jelajah yang bagus. Meskpiun posisinya penyerang, ia tak lupa turun dan membantu di sektor lain.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Faozan Tri Nugroho/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 4 Desember 2019