FOLLOW US:


Indra Sjafri Siapkan Senjata Penerus 'Pepepa'

20-06-2017 11:23

 | Indra Sjafri

Indra Sjafri Siapkan Senjata Penerus 'Pepepa'
Indra Sjafri © Fitri Apriani

Bola.net - Indra Sjafri terus berinovasi dengan pola permainan timnya. Setelah berhasil mengharu biru kancah sepakbola pepepa, yang kerap disebut tiki-taka ala Indonesia, Pelatih Timnas U-19 ini menyiapkan pola yang bakal diterapkan anak asuhnya.

Namun demikian, Indra masih menyimpan rapat-rapat pola yang disiapkannya ini. Pelatih berusia 54 tahun tersebut menyebut sedang menyusun pola permainan sesuai dengan materi yang ia miliki.

"Cara bermain kan tergantung materi yang kita punya. Namun, kurang lebih ada persamaan materi dengan tim yang lalu," ujar Indra Sjafri.

Namun, kendati masih belum tuntas menyusun cara bermain bagi timnya, Indra menyebut filosofi permainan timnya tak berubah. Skuat Garuda Jaya bakal tetap memainkan sepakbola menyerang dengan passing game.

"Kita harus bagus dengan penguasaan bola," tuturnya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, Timnas U-19 sempat mengharu biru dengan gaya bermain pepepa (pendek-pendek-panjang). Gaya bermain ini disebut mirip dengan permainan tiki-taka yang diperagakan Barcelona.

Tak hanya pepepa yang disebut mirip tiki-taka. Trio lini tengah yang menjadi ruang mesin Timnas U-19 waktu itu, Evan Dimas, M. Hargianto dan Zulfiandi, disebut-sebut mirip dengan trio ruang mesin Barca, Andres Iniesta, Xavi Hernandez dan Sergio Busquets.

Sementara itu, Indra Sjafri menyebut pola permainan anyarnya saat ini sudah mengarah pada hal yang tepat. Salah satu tolok ukurnya adalah superiornya penguasaan bola mereka dalam tiap pertandingan. Bahkan, ketika bermain melawan tim-tim luar negeri, Egi Maulana Vikri dan kawan-kawan mampu mempertahankan catatan apik ini.

"Lawan Brasil dan Skotlandia, kami menguasai bola sebanyak 52%. Bahkan ketika menghadapi Ceko penguasaan bola kami mencapai 54%," tandasnya.