FOLLOW US:


Kirim-kiriman Surat dengan FIFA, PSSI Upayakan Ezra Walian Bisa Perkuat Timnas Indonesia

11-06-2021 20:02

 | Serafin Unus Pasi

Kirim-kiriman Surat dengan FIFA, PSSI Upayakan Ezra Walian Bisa Perkuat Timnas Indonesia
Ezra Walian © Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Bola.net - PSSI terus mengupayakan agar Ezra Walian bisa memperkuat Timnas Indonesia. Usaha teraktual yang dilakukan oleh federasi sepak bola di Tanah Air itu adalah berkirim surat ke FIFA terkait proses alih status Ezra.

Surat tersebut dikirimkan PSSI setelah sebelumnya menerima dokumen administrasi akte lahir orang tua Ezra. Surat itu pun langsung dibalas oleh FIFA yang isinya menerima dan akan memproses dokumen Ezra.

"Hari ini, Jumat (11/6/2021) kami menerima surat dari FIFA yang ditandatangani oleh Head of Players Status FIFA, Erika Montemor Ferreira," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, disadur dari laman PSSI.

"Kemudian, PSSI langsung merespon kembali melalui surat yang dikirim ke FIFA dan bersyukur FIFA langsung merespon," katanya menambahkan.

Seperti diketahui, Ezra tidak dapat memperkuat Timnas Indonesia di ajang resmi FIFA sejak 2019. Sebab, FIFA menganggap dokumen alih status kewarganegaraannya belum tuntas.

Padahal, pemain Persib Bandung itu sudah menjalani proses naturalisasi sejak 2017. Namun dari segi federasi, yang bersangkutan masih anggota federasi sepak bola Belanda (KNVB).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Harapan PSSI

Tak hanya berkoordinasi dengan FIFA, PSSI juga terus berkomunikasi dengan KNVB terkait persoalan ini. PSSI pun berharap masalah ini bisa cepat selesai.

"Dengan proses ini, PSSI berharap agar Ezra dapat segera bermain lagi bersama Timnas Indonesia. Proses administrasi dan pergantian asosiasi Ezra memang membutuhkan waktu dan tidak mudah," tutur Yunus.

"Apalagi dirinya pernah bermain bersama Timnas Belanda di kelompok usia U-15, U-16, dan U-17. PSSI sangat serius melakukan penelusuran berdasarkan aturan terbaru FIFA terkait alih status pemain."

"Kami memberikan bukti-bukti dokumen pendukung yang dapat memperkuat status Ezra untuk Indonesia. Terakhir kami terima dokumen akte kelahiran bapaknya Ezra," imbuh Yunus.

(Bola.net/Fitri Apriani)