FOLLOW US:


Kondisi Fisik Skuat Garuda Jaya Naik Signifikan

10-12-2013 12:35

 | Indra Sjafri

Kondisi Fisik Skuat Garuda Jaya Naik Signifikan
Indra Sjafri © Dendy Gandakusumah
Bola.netBola.net - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, boleh sedikit bernafas lega. Setelah empat pekan melakoni pemusatan pelatihan, kondisi anak-anak asuhnya, mengalami peningkatan signifikan.

"Rata-rata naik lima digit. Alhamdulillah, latihan kita ini membuahkan hasil positif," ujar Indra Sjafri, pada Bola.net, Selasa (10/12).

"Saat ini, rata-rata anak-anak di level 58-63," sambung pelatih kelahiran 50 tahun silam tersebut.

Naiknya kondisi para penggawa Skuat Garuda Jaya -julukan Timnas U-19- diketahui dari hasil tes fisik yang dilakukan Selasa (10/12) hari ini. Dalam tes tersebut juga diketahui bahwa Evan Dimas dan Muhammad Hargianto merupakan pemain yang memiliki tingkat VO2Max tertinggi.

"Evan di level 63. Sementara, Hargianto di level 61. Sementara yang lain berada di bawah mereka, tapi tak terlalu jauh," papar Indra.

Indra mengaku kenaikan ini tak lepas dari tepatnya lokasi yang dipilih untuk melakukan pemusatan pelatihan ini. Kondisi Kota Batu, yang berada di dataran tinggi, dinilai tepat sebagai lokasi menggelar pemusatan pelatihan -terutama yang berkaitan dengan peningkatan kondisi fisik.

"Selain itu, program kita juga tepat sehingga ada hasil positif dari pemusatan pelatihan kita sepanjang empat pekan ini," tandasnya.

Saat ini, Timnas U-19 tengah menjalani pemusatan pelatihan tahap pertama di kompleks Kusuma Agrowisata Batu, Jawa Timur. Dalam TC tahap pertama, yang akan berakhir Januari 2014 ini, tim pelatih fokus meningkatkan kondisi fisik para penggawa Skuat Garuda Jaya. Di tahap berikutnya, yang direncanakan bakal dihelat di kompleks Universitas Negeri Yogyakarta, baru tim pelatih akan menyentuh aspek teknik dan taktik. Selain itu, di tahap kedua ini, Timnas U-19 dijadwalkan bakal melakoni laga-laga uji coba, termasuk dengan tim-tim luar negeri.