FOLLOW US:


Angka-angka Menarik di Semifinal Liga Europa, Ada Fernandes dan Cavani Juga Loh

30-04-2021 13:49

 | Yaumil Azis

Angka-angka Menarik di Semifinal Liga Europa, Ada Fernandes dan Cavani Juga Loh
Marcus Rashford (kanan) berduel dengan Roger Ibanez ketika Manchester United bertemu AS Roma dalam laga leg pertama semifinal Liga Europa, Jumat (30/4/2021). © AP Photo

Bola.net - Rangkaian leg pertama babak semifinal Liga Europa dilangsungkan sekaligus pada Jumat (30/4/2021) dinihari tadi. Manchester United dipertemukan dengan AS Roma, sementara Villarreal melawan Arsenal.

Manchester United, yang bermain di Old Trafford, berhasil menuai kemenangan dengan skor telak 6-2. Bruno Fernandes, Paul Pogba, Edinson Cavani dan Mason Greenwood adalah penanggung jawab keenam gol the Red Devils di laga ini, sementara Roma hanya bisa membalas lewat aksi Lorenzo Pellegrini dan Edin Dzeko.

Villarreal yang juga bertindak sebagai tuan rumah di Estadio de la Ceramica pun mampu mengalahkan Arsenal. Mereka unggul lebih dulu berkat gol berkat gol dari Manu Trigueros dan Raul Albiol, sebelum Nicolas Pepe membalas lewat titik putih.

Kedua pertandingan tersebut menghasilkan beberapa angka yang menarik untuk diketahui Bolaneters sekalian. Informasi lengkap dari BBC Sport berikut bisa disimak di bawah ini, ya.

1 dari 10

1

Ini adalah kemenangan pertama Villarreal dalam lima laga kontra Arsenal di kompetisi UEFA. Sebelum ini, mereka kalah dua kali dan meraih hasil imbang sebanyak dua kali juga.

2 dari 10

4

Bruno Fernandes dan Edinson Cavani terlibat dalam empat gol the Red Devils (masing-masing dua gol dan dua assist), menyamai torehan terbanyak pada semifinal UEFA sejak 2010/11. Sebelum ini, Mohamed Salah dan Roberto Firmino juga pernah melakukan hal serupa di semifinal Liga Champions 2018 melawan AS Roma.

Sayangnya, Bruno Fernandes dan Edinson Cavani tak mampu melewati torehan kontribusi gol Lionel Messi di fase knockout kompetisi UEFA tahun 2012 lalu (lima gol vs Bayer Leverkusen, babak 16 besar).

3 dari 10

4

Empat dari enam penalti terakhir yang diberikan kepada lawan Manchester United terjad karena Paul Pogba. Ia juga bertanggung jawab atas tiga dari empat kebobolan terakhir Manchester United dari titik putih.

4 dari 10

6

Manchester United menjadi tim pertama yang mampu mencetak enam gol dalam babak semifinal kompetisi Eropa sejal Real Madrid mengalahkan Zurich 6-0 di European Cup tahun 1964. atau sekitar 57 tahun yang lalu.

5 dari 10

6

Ini juga kali pertama sejak tahun 2007 Manchester United mampu mencetak enam gol di kompetisi Eropa (saat mereka mengalahkan Roma dengan skor 7-1 di Old Trafford). Itu juga jadi kali terakhir Manchester United memiliki dua pemain atau lebih yang mencetak dua gol atau lebih dalam laga UEFA (kala itu, Michael Carrick dan Cristiano Ronaldo sama-sama mencetak dua gol).

6 dari 10

9

Edin Dzeko mencetak gol kesembilannya ke gawang Manchester United di semua kompetisi.

7 dari 10

10

Nicolas Pepe mengalahkan pemain-pemain lainnya di Liga Europa dalam hal kontribusi gol musim ini (enam gol, empat assist).

8 dari 10

12

Kekalahan di tangan Villarreal mengakhiri torehan 12 laga tandang tanpa kekalahan yang ditorehkan Arsenal sejak musim 2009/10.

9 dari 10

22

Ini adalah kali pertama seorang mantan pelatih Arsenal [dalam kasus ini, Unai Emery], mengalahkan Arsenal sejak George Graham menang bersama Tottenham di White Hart Lane pada laga Premier League bulan November 1999, hampir 22 tahun yang lalu.

10 dari 10

59

Sejak menjalani debutnya bersama Manchester United pada 1 Februari 2020, Bruno Fernandes telah terlibat dalam 59 gol di Premier League dan kompetisi Eropa. Dalam jangka waktu yang samap, hanya Lionel Messi (69) yang memiliki torehan lebih banyak dari semua pemain Eropa di lima liga papan atas Eropa.

(ESPN)