Jepang

09-06-2010 20:42

Bola.net - Tim Samurai Biru lolos ke Piala Dunia untuk kali pertama pada tahun 1998 dan di tahun 2002 mereka bisa menembus 16 besar. Kesuksesan ini tak lepas dari dibentuknya liga professional di Jepang di tahun 1993.

Tapi insiden yang dinilai sebagai titik balik melejitnya sepak bola Jepang adalah 'Tragedi di Doha' tahun 1992. Pada laga terakhir kualifikasi Piala Dunia, Jepang melepaskan tiket ke putaran final terbang begitu saja ke tangan Irak. Kekecewaan tersebut yang akhirnya memantik semangat Jepang untuk bangkit.

Perjalanan Jepang ke Piala Dunia 2010 bisa dibilang terjal. Tiga laga di kandang sendiri diselesaikan dengan hasil seri dan Jepang tak bisa mengalahkan Australia tiap kedua tim bertemu.

Jepang tetap lolos saat pertandingan memasuki dua laga terakhir. Dengan hasil itu, Jepang tampak masih harus banyak melakukan perbaikan.

Di setiap edisi Piala Dunia, Jepang selalu memiliki gelandang dengan kualitas bagus. Tahun ini, Shunsuke Nakamura memegang kendali. Dia akan mendapat sokongan besar dari Pemain Terbaik Asia 2009, Yasuhito Endo.

Problem lini depan Jepang sejauh ini belum bisa diatasi. Mereka tak kunjung menemukan striker yang bertipe goal getter. Jepang juga kerap bermasalah dengan tim yang mengandalkan kekuatan fisik. Seperti tim dari Afrika, yang di grup E diwakili Kamerun. (bola/bola)


Update Terbaru