4 Pemain Baru yang Belum Bersinar di Bundesliga 2020/2021

Asad Arifin | 16 November 2020 14:01
Penyerang timnas Korea Selatan, Hwang Hee-chan, kini membela RB Leipzig pada musim 2020/2021 (c) RB Leipzig

Bola.net - Bundesliga menjadi salah satu dari lima liga top Eropa yang menjadi pelabuhan beberapa pemain untuk mengembangkan karirnya. Di musim ini, tercatat beberapa bintang sepak bola datang, ada yang berhasil tampil memukau, dan ada yang belum bersinar di klub barunya.

Leroy Sane dan Jude Bellingham termasuk sebagai beberapa pemain yang tampil gemilang di klub barunya. Sane yang baru didatangkan dari Manchester City seharga 45 juta euro telah tampil di lima laga Bundesliga dan mampu mencetak tiga gol serta dua assists.

Duetnya bersama Serge Gnabry di sektor sayap bahkan mengingatkan penggemar akan duet ikonik pemainnya dulu Ribery dan Robben. Sedangkan Jude Bellingham yang baru berusia 17 tahun menjadi palang tengah potensial dan tampil di enam laga Borussia Dortmund dengan baik dan berbuah panggilan dari timnas Inggris.

Di samping dua nama tersebut masih banyak nama lain seperti Max Kruse yang membuktikan dirinya belum habis meskipun telah berusia 32 tahun lewat tiga gol dan lima assistsnya. Namun, di samping nama tersebut tentu ada pemain-pemain baru lain yang belum juga nyetel di klub barunya.

Mampu tampil apik di klub sebelumnya tidak menjadi jaminan bahwa pemain bisa cepat beradaptasi di klub barunya. Douglas Costa yang baru bergabung Bayern Munchen bahkan kesulitan tampil starter meskipun pernah berada di Bayern tahun 2015 hingga 2017.

Bukan hanya Costa setidaknya ada empat pemain bersama dirinya yang kurang tampil memuaskan sejauh ini. Siapa saja? Berikut ulasannya.

1 dari 4 halaman

Hwang Hee-chan

Salah satu pemain benua Asia yang mencuat berkat penampilan apiknya selama beberap musim ke belakang adalah Hwang Hee-chan. Striker berkebangsaan Korea Selatan ini musim lalu mampu tampil apik bersama RB Salzburg dan tampil di 40 laga serta menyumbangkan 16 gol dan 22 assists di semua kompetisi.

RB Leipzig pun kemudian menebus Hwang Hee-chan sebagai salah satu upaya menambal kepergian Timo Werner yang selalu menjadi andalan klub di depan sebelumnya. Namun gelontoran gol maupun assists dari Hwang Hee-chan belum juga datang di Bundesliga.

Hwang Hee-chan juga kesulitan tampil sebagai starter dan baru memiliki rataan bermain 21 menit di lima laganya. Hee-chan kalah bersaing oleh Yussuf Poulsen dan Emil Forsberg untuk sektor penyerangan RB Leipzig.

2 dari 4 halaman

Douglas Costa

Douglas Costa telah memulai periode keduanya bersama Bayern Munchen setelah tiga musim berada di Juventus. Douglas Costa pernah memiliki musim yang baik ketika berada di Bayern Munchen periode pertamanya termasuk musim pertamanya yang berhasil dilewatinya dengan tujuh gol serta 18 assists dari 43 penampilannya.

Namun, di periode keduanya ini Douglas Costa tampak kesulitan karena Bayern Munchen tengah mengandalkan Leroy Sane dan Serge Gnabry di sektor sayap. Menit bermainnya pun berkurang dan sejauh ini baru tampil tiga kali dan hanya satu sebagai starter.

Menit bermainnya yang sedikit membuat Douglas Costa sulit menemukan performa terbaiknya dan sejauh ini baru memberikan satu assists untuk Munchen.

3 dari 4 halaman

Eric Maxim Choupo-Moting

Pencetak gol kemenangan dramatis Paris Saint-Germain atas Atalanta musim lalu Choupo-Moting tengah menjalani musim pertamanya bersama raksasa Jerman Bayern Munchen. Namun, Choupo-Moting tidak benar-benar terlihat menonjol di lapangan musim ini.

Satu-satunya penampilan baiknya hanya dia tampilkan di DFB Pokal ketika Bayern Munchen melawan 1. FC Duren. Choupo-Moting yang diturunkan sebagai ujung tombak mencetak dua gol dan satu assists di laga tersebut.

Selebihnya, Choupo-Moting harus berada dalam bayang-bayang Robert Lewandowski yang menjadi ujung tombak utama tim. Choupo-Moting pun hanya bisa tampil sekali sebagai starter di Bundesliga, dan dari tiga penampilannya dia hanya memiliki rata-rata 30 menit bermain.

4 dari 4 halaman

Justin Kluivert

Justin Kluivert sempat menjadi salah satu bintang muda sepak bola yang dianggap potensial ketika berada di Ajax. Musim 2017/18 menjadi salah satu yang terbaik untuknya ketika mampu mencetak 10 gol dan lima assists dari 30 laga Eredivisie.

Namun, sejak pindah ke AS Roma, Justin Kluivert tampil melempem dan musim ini berkesempatan menghidupkan karirnya kembali di RB Leipzig. Kini Justin Kluivert malah jarang diturunkan dan gagal bersaing dengan pemain lainnya.

Kluivert hanya tampil dua kali di Bundesliga dan belum mampu menampilkan performa terbaiknya dalam rataan 33 menit bermainnya tersebut.

Sumber: Berbagai Sumber

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR