FOLLOW US:


Apa Kata Wasit Legendaris Pierluigi Collina Tentang VAR?

11-10-2019 13:00

 | Richard Andreas

Apa Kata Wasit Legendaris Pierluigi Collina Tentang VAR?
Wasit Nestor Pitana berkonsultasi dengan VAR © AP

Bola.net - Wasit legendaris, Pierluigi Collina meminta penikmat sepak bola mendukung perkembangan VAR. Dia yakin teknologi itu justru bakal membuat sepak bola lebih menarik.

Penggunaan VAR di sejumlah liga top Eropa sejauh ini menuai respons pro-kontra. Sebagian senang karena sepak bola jadi lebih adil, sebagian lagi kecewa karena VAR telah menghapus drama di lapangan hijau.

Salah satu komplain yang paling besar adalah tentang selebrasi gol. Sekarang, pemain cenderung enggan berselebrasi ketika mereka mencetak gol yang mungkin berbau pelanggaran, offside, atau kondisi lainnya.

Biar begitu, Collina tetap percaya VAR bakal membuat sepak bola jadi lebih baik. Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

VAR Akan Berkembang

Masalah lain tentang VAR muncul pada kasus offside. Ada perdebatan tentang apakah kamera yang digunakan untuk VAR sudah tepat, mengingat kamera tersebut harus merekam dalam frame-rate yang sesuai dengan kondisi asli.

"Meski VAR terasa sudah lama digunakan, sebenarnya itu baru dipikirkan lima tahun yang lalu. Pada prinsipnya, VAR dimaksudkan sebagai alat bantu visual sederhana bagi wasit," buka Collina kepada Goal internasional.

"Salah satu masalah terbesarnya adalah keandalan, tapi reaksi VAR sudah sangat maju. Apa yang membutuhkan satu menit hari ini butuh lima menit pada 2014 lalu, saat kami melakukan tes pertama."

"Kami terus bekerja dan teknologi wasit lima tahun ke depan bisa jadi jauh berbeda dari yang sekarang," lanjutnya.

2 dari 2

Ganggu Selebrasi?

Tentang selebrasi yang tertunda dan terasa hambar, Collina tidak sependapat. VAR memang harus menunggu, tapi waktu menunggu singkat itu layak demi menciptakan sepak bola yang lebih adil.

"Tentu saja tidak ada yang senang menunggu. Namun, bakal jadi langkah besar jika kami menciptakan program menggunakan kecerdasan buatan yang bisa langsung membuat keputusan dari 20 sudut kamera berbeda," sambungnya.

"Saya kira VAR tidak membunuh kegembiraan selebrasi gol, justru meningkatkannya. ANda bisa merayakan gol dua kali, saat mencetak gol itu, lalu saat sudah dikonfirmasi," tandasnya.

Sumber: Goal