FOLLOW US:


Beruntunglah Dia yang Menikmati Sepak Bola Era Lionel Messi

04-12-2019 05:00

 | Richard Andreas

Beruntunglah Dia yang Menikmati Sepak Bola Era Lionel Messi
Lionel Messi, Barcelona. © AP Photo

Bola.net - Bicara soal Lionel Messi tidak bisa dibatasi oleh perbedaan warna klub. Messi memang pemain Barcelona, tapi lebih dari itu dia adalah karunia untuk dunia sepak bola.

La Pulga (julukan Messi) baru saja meraih Ballon d'Or nomor enam sepanjang kariernya. Ya, sudah enam kali dunia mengakui Messi sebagai pesepak bola terbaik di Planet Bumi - sebab itu dia sering dijuluki alien.

Usai menerima penghargaan itu, Messi melontarkan komentar yang mungkin bisa membuat fans Barca khawatir.

"Saya sudah 32 tahun dan menuju 33. Sudah lama saya mengatakan ini, bahwa [pensiun] itu sepenuhnya tergantung pada bagaimana kondisi fisik saya," kata Messi.

Artinya, Messi bukan alien, dia hanya manusia yang jago bermain sepak bola dan bakal gantung sepatu pada waktunya. Mengutip Marca, baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 3

Messi Akan Pensiun

Mereka yang disebut penikmat sepak bola cukup beruntung bisa menyaksikan keajaiban Messi 15 tahun terakhir. Mungkin Bolaneters salah satunya, kelak Anda bakal menceritakan pada anak atau cucu Anda tentang Leo Messi.

Bisa jadi Barca berharap Messi bermain selamanya, tapi itu tidak mungkin. Ketika waktunya tiba, perpisahan Messi bakal dramatis. Tidak hanya untuk Barcelona, yang kehilangan jaminan 50 gol semusim, melainkan juga bagi siapa pun yang menghargai sepak bola

Messi, mungil tapi megah, adalah penyihir. Dia membuat sepak bola tampak mudah, padahal hampir setiap pergerakannya sulit dan tidak mudah ditiru pemain sembarang.

2 dari 3

Kata-Kata Messi

Ketika Messi bermain, segalanya mungkin. Tak terhitung berapa kali dia menyelamatkan harga diri Barca, meski terkadang Messi pun masih belum cukup.

Messi bermain dengan polanya sendiri. Ketika bola ada di kakinya, dia bisa menyulap sepak bola jadi karya seni yang indah. Dia adalah barcelona.

Messi tidak terhentikan. Namun, ketika dia sendiri bicara soal usianya, sepertinya Messi tahu waktu itu kian dekat. Sepak bola harus siap kehilangan Messi, yang akan selalu dikenang dalam sejarah.

3 dari 3

Messi uintuk Semuanya

Tidak ada yang tahu pasti berapa lama Messi bisa bermain. Mungkin bisa mencapai usia 35, bisa juga gantung sepatu di usia 33. Messi menegaskan semuanya bergantung pada kondisi fisiknya.

Messi tidak hanya milik Barcelona, dia milik semua pecinta sepak bola. Bahkan rival, musuh, fans tim lawan, benar takut kepada Messi, tapi ada rasa kagum di balik ketakutan itu.

Pada akhirnya, sepak bola bakal jauh berbeda tanpa Messi. Tidak lama lagi.

Sumber: Marca