FOLLOW US:


Villarreal 0-2 Manchester United: Setan Merah Bangkit

24-11-2021 13:46

 | Gia Yuda Pradana

Villarreal 0-2 Manchester United: Setan Merah Bangkit
Selebrasi Jadon Sancho usai mencetak gol di laga Villarreal vs Manchester United, Rabu (24/11/2021) © AP Photo

Bola.net - Manchester United sukses meraih hasil positif usai pergantian pelatih mereka pada awal pekan lalu. Setan Merah sukses meraih kemenangan kala menghadapi Villarreal pada laga lanjutan Liga Champions 2021/2022.

Pada laga yang dihelat di Estadio de la Ceramica, Rabu (24/11) dini hari WIB, skuad yang kini dibesut Michael Carrick tersebut menang dua gol tanpa balas. Dua gol United pada laga ini dicetak Cristiano Ronaldo dan Jadon Sancho.

Bagi United, hasil ini menerbitkan secercah asa. Pasalnya, dalam lima laga sebelumnya, mereka hanya mampu meraih satu kemenangan. Bahkan, dalam lima laga tersebut, mereka harus menelan tiga kali kekalahan.

Bukan hanya raihan tiga poin, ada sejumlah hal lain yang didapat United pada laga kontra Villarreal. Ada sejumlah catatan dan data yang bisa menjadi bahan evaluasi mereka.

Apa saja catatan-catatan yang ditorehkan Manchester United pada laga kontra Villarreal tersebut? Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5

Kalah Penguasaan

Kalah Penguasaan
Pelatih caretaker Manchester United, Michael Carrick © AP Photo

Pada pertandingan ini, United kalah dalam penguasaan bola. Menurut laman Whoscored, mereka memiliki penguasaan bola sebesar 48,8 persen. Sementara, Villarreal menguasai bola sebanyak 51,2 persen.

Dalam hal memanfaatkan penguasaan bola pun, United kalah dari Villarreal. Pada laga tersebut, Setan Merah melepas sebelas sepakan. Sementara, Kapal Selam Kuning, julukan Villarreal, melepas dua sepakan lebih banyak ketimbang skuad Setan Merah.

2 dari 5

Peluang Lebih Berkualitas

Peluang Lebih Berkualitas
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol dalam laga Villarreal vs Manchester United, Rabu (24/11/2021) © AP Photo

Kalah urusan kuantitas penguasaan bola dan serangan, United unggul dalam kualitas. Setan Merah, menurut laman Infogol, memiliki nilai expected goals (xG) lebih besar ketimbang Villarreal.

Pada laga ini, menurut Infogol, United memiliki nilai xG sebesar 1,21 dari sebelas peluang mereka. Rata-rata, nilai xG peluang Setan Merah berada di level 0,11.

Sementara, menurut Infogol, Villarreal memiliki nilai xG sebesar 0,66 dari 13 peluang yang mereka miliki. Rata-rata, nilai xG Kapal Selam Kuning berada di angka 0,051.

3 dari 5

United Bisa Cetak Gol Lebih Banyak

United Bisa Cetak Gol Lebih Banyak
Pemain MU merayakan gol Jadon Sancho pada laga melawan Villarreal di pekan ke-5 Grup F Liga Champions 2021/2022 © AP Photo

Dari nilai expected goals mereka, United terhitung apik dalam memanfaatkan peluang. Dengan nilai xG sebesar 1,21, mereka bisa mencetak dua gol.

Namun, hal ini bukan berarti lini serang United sudah tampil sempurna. Setan Merah, sejatinya, masih bisa mencetak gol lebih banyak lagi.

Salah satu peluang United yang seharusnya bisa menjadi gol adalah peluang yang dimiliki Jadon Sancho pada menit 70. Namun, dengan kakinya, Geronimo Rulli masih bisa mengantisipasi sepakan Sancho tersebut.

4 dari 5

Lini Pertahanan Wajib Berbenah

Lini Pertahanan Wajib Berbenah
Bek Manchester United, Harry Maguire (kanan). © AP Photo

Terlepas dari kemenangan mereka pada laga ini, ada aspek yang masih harus dibenahi Manchester United. Aspek tersebut adalah pertahanan mereka.

Pada laga ini, masih seperti pada laga-laga sebelumnya, Manchester United masih murah hati memberi ruang bagi para pemain lawan untuk meneror benteng pertahanan mereka.

Dari 13 peluang Villarreal, delapan di antaranya dilepaskan dari kotak penalti United. Tiga sepakan di antaranya menuju tepat ke gawang Setan Merah.

Nilai xG delapan peluang Villarreal tersebut mencapai 0,22.

Selain itu, Manchester United juga diselamatkan buruknya penyelesaian akhir Villarreal. Nilai xG peluang Kapal Selam Kuning yang meleset dari sasaran mencapai 0,36, lebih besar ketimbang nilai xG peluang on-target mereka.

United tak bisa sekadar mengandalkan keberuntungan. Jika ingin meneruskan kebangkitan mereka, Setan Merah harus lekas berbenah. Urusan pertahanan merupakan pekerjaan rumah utama yang harus segera mereka tuntaskan.

5 dari 5

Klasemen Sementara Liga Champions 2021/22

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)