FOLLOW US:


6 Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Tampil Memukau pada 2 Laga Uji Coba

08-03-2021 12:59

 | Asad Arifin

6 Pemain Timnas Indonesia U-22 yang Tampil Memukau pada 2 Laga Uji Coba
Selebrasi pemain Timnas Indonesia proyeksi SEA Games 2021, Kadek Agung, usai membobol gawang Tira Persikabo dalam laga uji coba di Stadion Madya, Jumat (5/3/2021) © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bola.net - Timnas Indonesia U-22 telah menggelar dua laga uji coba untuk persiapan tampil di Sea Games 2021. Uji coba tersebut digelar melawan dua klub lokal yakni Tira Persikabo dan Bali United.

Kedua laga uji coba ini digelar di Stadion Madya. Uji coba pertama, lawan Tira Persikabo, digelar pada Jumat (5/3/2021). Sedangkan, laga melawan Bali United dihelat pada Minggu (7/3/2021).

Tim racikan Shin Tae-yong menang pada dua laga tersebut. Rahmat Irianto dan kolega menang 2-0 atas Tira Persikabo dan 3-1 lawan Bali United. Hasil yang cukup positif walau masih ada banyak kekurangan.

Lantas, siapa saja pemain yang tampil bagus pada dua laga uji coba tersebut? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 6

Koko Ari Araya

Koko Ari Araya bermain sebagai starter di Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong awalnya memainkan Koko Ari di posisi bek, namun kemudian memberikan posisi baru buat Koko Ari Araya yakni lebih kedepan sebagai gelandang sayap pada babak kedua.

Peran tersebut berhasil dimaksimalkan Koko Ari Araya. Pada menit ke-69, pemain muda Persebaya Surabaya itu mencegak gol kedua untuk Timnas Indonesia.

Memanfaatkan kesalahan kiper Nadeo Argawinata, Koko Ari Araya kemudian menyundul bola ke tengah gawang Bali United. Bola yang deras itu berhasil mengecoh dua bek Bali United dan melewati garis. Meskipun berhasil disapu bek Bali United, namun wasit mengesahkan gol tersebut.

2 dari 6

Kushedya Hari Yudo

Kushedya Hari Yudo awalnya tidak bermain sebagai starter pada pertandingan melawan Bali United. Pemain berusia 27 tahun itu masuk pada menit kedelapan untuk menggantikan Muhammad Rafli yang cedera.

Kushedya Hari Yudo langsung menunjukkan kelasnya dengan menekan lini pertahanan Bali United. Puncaknya terjadi pada menit ke-35 setelah sundulan Kushedya Hari Yudo merobek gawang Bali United kawalan Wawan Henderawan.

Berawal dari umpan silang Osvaldo Haay, Kushedya Hari Yudo dengan tenang menyundul bola yang merobek tengah gawang Bali United. Gol ini menjadi yang kedua dicetak Kushedya Hari Yudo bersama Timnas Indonesia proyeksi SEA Games setelah ke gawang Tira Persikabo (5/3/2021).

3 dari 6

Osvaldo Haay

Osvaldo Haay
Osvaldo Haay © Dok Persija Jakarta

Osvaldo Haay layak mendapatkan predikat pemain terbaik Timnas Indonesia pada laga uji coba melawan Bali United. Pemain Persija Jakarta itu bermain penuh sepanjang pertandingan.

Osvaldo Haay memberikan umpan silang yang dimaksimalkan menjadi gol oleh Kushedya Hari Yudo pada menit ke-35. Osvaldo juga suskes mencetak gol pada menit ke-76 setelah menuntaskan umpan satu-dua dengan Kadek Agung.

Tak hanya sumbangan satu gol dan satu assist, Osvaldo juga merepotkan lini pertahanan Bali United sepanjang laga. Tusukan-tusukannya dari sektor sayap membuat bek Bali United jatuh bangun dalam mengawal pergerakannya.

4 dari 6

Kadek Agung

Kadek Agung
Kadek Agung © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Pemain Bali United ini mengawal lini tengah Timnas Indonesia dengan baik. Berposisi sebagai gelandang tengah bersama Hanif Sjahbandi, Kadek Agung memiliki wilayah operasional yang cukup luas, membantu pertahanan dan membantu serangan dari berbagai arah.

Kadek Agung juga menjadi pemain yang beberapa kali menjadi eksekutor bola mati, selain Adam Alis, ketika Timnas Indonesia mendapat kesempatan dari tendangan bebas atau sepak pojok.

Akhirnya Kadek Agung pun memberikan kontribusi besar ketika melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola tendangan yang dilepas pemain Bali United ini melengkung ke sudut atas gawang Tira Persikabo dan gagal diantisipasi oleh kiper Syahrul Trisna Fadilah yang tampil apik di bawah mistar gawang Tira Persikabo.

5 dari 6

Muhammad Rafli

Muhammad Rafli
M Rafli © Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Jika pada babak pertama ada Kadek Agung yang bermain apik di lini tengah Timnas Indonesia dan berkontribusi besar lewat gol yang ia ciptakan, pada babak kedua ada Muhammad Rafli yang masuk menggantikan Dendy Sulistyawan pada awal babak kedua.

Rafli, pemain muda yang sudah menjadi andalan di Timnas Indonesia U-22 sejak menjuarai Piala AFF U-22 2019 itu, berhasil mencetak gol hanya dalam kurun waktu tiga menit setelah masuk lapangan.

Duetnya bersama Kushedya Hari Yudo yang juga merupakan rekan setimnya di Arema FC cukup baik pada babak kedua. Rafli mampu dengan cepat beradaptasi dengan permainan tim meski baru masuk lapangan.

6 dari 6

Adam Alis

Adam Alis merupakan satu dari beberapa pemain yang dibiarkan oleh Shin Tae-yong bermain selama 90 menit pada laga kontra Tira Persikabo. Meski digantikan oleh Irfan Jauhari pada masa injury time, Adam Alis tercatat tampil baik dalam 90 menit bermain.

Adam Alis menjadi kreator di lini tengah untuk membangun serangan Timnas Indonesia. Bersama Hanif Sjahbandi dan Kadek Agung pada babak pertama, dan Rizky Pellu serta Yacob Sayuri pada babak kedua, Adam Alis tampil dengan performa yang terlihat tanpa lelah untuk merebut bola dari kaki pemain Tira Persikabo maupun berusaha menggedor pertahanan tim lawan.

Adam Alis beberapa kali juga memberikan ancaman terhadap gawang Tira Persikabo yang dikawal Syahrul Trisna Fadilah. Tampaknya, dari pertandingan ini Adam Alis bisa saja menjadi kandidat satu dari tiga pemain senior yang bakal memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2021.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Zulfirdaus Harahap, Benediktus Gerendo/Editor: Wiwig Prayugi, 7 Maret 2021)