FOLLOW US:


Dua Pesepakbola Muda Indonesia Kembali Berlatih di Spanyol

11-01-2018 14:34
Dua Pesepakbola Muda Indonesia Kembali Berlatih di Spanyol
Syukran Arabia Samual Dan Andrian Rusdianto © Fitri Apriani

Bola.net - Dua pesepakbola muda asal Indonesia, Syukran Arabia Samual dan Andrian Rusdianto akan kembali berlatih bersama klub kasta ketiga Liga Spanyol, CDA Navalcarnero. Keduanya bertolak ke Negeri Matador melalui Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (10/1/2018).

Syukran dan Andrian mendapatkan beasiswa selama tiga tahun di Akademi CDA Navalcarnero. Keduanya menerima beasiswa tersebut setelah menjalani trial terlebih dahulu di turnamen Football Barcelona Cup pada April 2016 lalu bersama Tim SBAI (Sepak Bola Anak Indonesia).

Syukran dan Andrian telah berlatih di CDA Navalcamero sejak Maret 2017 dan langsung dicoba dalam tim Navalcarnero U-16. Syukran pun merasakan banyak kemajuan setelah hampir satu tahun berlatih di akademi tersebut.

"Saya merasakan ada peningkatan baik fisik maupun teknik. Metode pelatihan yang diterapkan di sana sebenarnya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, tetapi memang kalau soal tingkat kedisiplinan lebih tinggi di sana. Kalau di sini mungkin mengunggulkan fisik kalau di sana teknik," ujar Syukran.

"Awalnya memang sempat kesulitan mengikuti materi dan pola disiplin di sana. Tetapi alhamdullilah perlahan tapi pasti saya dan Andrian bisa beradaptasi dengan baik. Apalagi penerimaan teman-teman klub, pelatih dan lingkungan di sana sangat baik, membuat saya bersemangat dalam berlatih," tambah pemain yang menempati posisi bek ini.

Sementara itu, Andrian mengaku sedikit berat harus meninggalkan Indonesia. Sebab, pemain yang akrab disapa Anto ini baru saja mengalami duka cita atas wafatnya sang ayah.

"Sedih karena ingat ayah. Ayah meninggal sekitar dua bulan yang lalu. Waktu kejadian saya pas di Jakarta. Jadi tidak sempat melihat wajah ayah untuk yang terakhir kalinya. Saya hanya bisa berdoa semoga ayah bahagia di sana," kata Anto dengan suara lirih menahan tangis.

Namun meski demikian, Anto menyadari dia punya tanggung jawab besar untuk mempersembahkan prestasi yang membanggakan kepada keluarga. Khususnya, bagi orang yang telah membantunya hingga bisa berguru ke Spanyol.

"Saya punya target harus berhasil setelah berguru ke Spanyol. Mudah-mudahan bisa menjadi pemain profesional dan saya ingin main di Liga Spanyol," ucap pemain yang menempati posisi sayap kanan ini.