FOLLOW US:


Hamka Hamzah Sebut Jadwal Shopee Liga 1 Musim 2019 Tak Ideal

08-11-2019 19:19

 | Serafin Unus Pasi

Hamka Hamzah Sebut Jadwal Shopee Liga 1 Musim 2019 Tak Ideal
Hamka Hamzah © Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Hamka Hamzah angkat bicara soal padatnya jadwal kompetisi Shopee Liga 1 musim 2019 yang harus dijalani. Penggawa Arema FC tersebut mengaku kesulitan untuk tampil di kondisi puncak dengan jadwal padat seperti ini.

"Saya sudah berbicara dengan hampir semua pemain dari semua klub. Jadwal yang ada saat ini mengganggu kebugaran pemain," kata Hamka Hamzah, usai pertandingan lawan Madura United.

"Penonton ingin pemain bermain semaksimal mungkin. Namun, dengan jarak antar pertandingan yang hanya tiga sampai empat hari, hal ini akan sulit terwujud," sambungnya.

Menurut Hamka, minimnya waktu jeda antarpertandingan membuat proses recovery pemain terganggu. Hal ini berdampak terutama bagi para pemain yang usianya sudah menginjak 30 tahun ke atas.

"Untuk pemain berusia 20 sampai 30 tahun, mungkin waktu ini bisa dimanfaatkan untuk memulihkan diri. Namun, untuk pemain di atas 30 tahun, hal ini tidak cukup," tuturnya.

Jadwal kompetisi musim ini sendiri banyak mendapat sorotan. Pasalnya, jarak antarpertandingan pada Shopee Liga 1 musim 2019 ini mepet.

Bagi Arema sendiri padatnya jadwal ini memakan korban. Sejumlah pemain mereka tumbang akibat cedera dan sakit akibat kelelahan.

Apa harapan Hamka soal jadwal kompetisi ke depannya? Simak di bawah ini.

1 dari 1

Jadwal Lebih Manusiawi

Lebih lanjut, Hamka berharap agar buruknya penjadwalan kompetisi tak berlanjut. Pemain berusia 35 tahun tersebut ingin agar jadwal kompetisi musim depan bisa lebih manusiawi, terutama dari aspek recovery pemain.

"Mudah-mudahan tahun depan, jadwal liga bisa lebih teratur," kata Hamka.

"Namun, jika jadwal tetap seperti ini, Arema harus siap mencari pemain lain. Saya siap jadi pelapis," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)