FOLLOW US:


Menebak Starting XI Timnas Indonesia U-22 Pilihan Shin Tae-yong di SEA Games 2021

08-01-2021 12:27

 | Asad Arifin

Menebak Starting XI Timnas Indonesia U-22 Pilihan Shin Tae-yong di SEA Games 2021
Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) © PSSI

Bola.net - Timnas Indonesia U-22 punya agenda penting pada 2021 ini. Garuda Muda akan tampil pada ajang SEA Games 2021. Persiapan sudah dimulai dengan pemusatan latihan yang digelar pada Desember 2020 lalu.

Selama 10 hari para pemain proyeksi Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2021 digembleng Shin Tae-yong. Materi fisik menjadi fokus utama mengingat para pemain telah lama tidak berlatih di lapangan.

Dari nama-nama yang dipanggil Shin Tae-yong, terdapat perpaduan pemain muda dan senior. Namun, nama-nama tersebut belum mutlak karena pemain Timnas U-19 berpeluang dipromosikan ke U-22.

Medali emas SEA Games 2021 menjadi satu di antara target utama yang dibebankan PSSI kepada Shin Tae-yong. Maklum, Indonesia terakhir kali meraih medali emas SEA Games pada 1991 alias hampir 30 tahun silam.

Shin Tae-yong punya waktu panjang untuk membentuk dan mempersiapkan tim untuk Timnas Indonesia U-22. Pelatih asal Korea Selatan itu diyakini akan menetapkan standar tinggi dalam pemilihan pemain.

Bola.com mencoba menerka skuad andalan Shin Tae-yong di SEA Games 2021. Menggunakan skema 4-4-2, berikut ini perincian pemain yang layak diandalkan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-22. Siapa saja?

1 dari 5

Kiper

Pada posisi penjaga gawang, Ady Satryo bisa dipromosikan ke Timnas Indonesia U-22. Seperti diketahui, Adi Satryo merupakan kiper andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19.

Adi Satryo merupakan kiper tangguh dan punya postur tubuh yang mendukung. Shin Tae-yong juga bisa mencoba Aqil Savik dan Muhammad Riyandi yang juga berkompeten di posisi penjaga gawang.

2 dari 5

Belakang

Belakang
Pemain Timnas Indonesia U-19, Elkan Baggott © dok. PSSI

Posisi lini pertahanan tentu sangat krusial buat Timnas Indonesia U-22. Meski demikian, pelatih Shin Tae-yong punya banyak pilihan pemain untuk posisi tersebut.

Posisi bek kanan bisa dipercayakan pada Bagas Kaffa. Bagas Kaffa merupakan bek kanan andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-19. Selain itu, ada Asnawi Mangkualam yang bisa diplot sebagai pelapis di posisi itu.

Sementara itu, di posisi bek kiri ada Pratama Arhan. Seperti diketahui, Pratama Arhan merupakan pemain yang disiplin dan bisa diandalkan membantu serangan. Firza Andika juga layak menghuni posisi tersebut.

Adapun di posisi jantung pertahanan, duet Andy Setyo dan Elkan Baggott bisa menjanjikan. Keduanya memiliki postur tubuh tinggi yang berpeluang memenangi duel-duel bola udara.

3 dari 5

Tengah

Tengah
Syahrian Abimanyu, saat melawan China pada laga PSSI 88th U-19 di Stadion Pakansari, Jawa Barat, Selasa (25/9/2018). © Bola.com/Vitalis Yogi Trisna

Pada lini tengah, Shin Tae-yong bisa mengandalkan Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu, dan Evan Dimas. Syahrian Abimanyu menjadi gelandang bertahan yang menghubungkan lini belakang, tengah, dan depan.

Adapun Evan Dimas berperan sebagai penyeimbang sekaligus motor serangan. Witan Sulaeman dan Egy Maulana Vikri bisa diandalkan sebagai penggedor dari sektor sayap kiri dan kanan.

Keduanya memiliki kelincahan dalam berlari dan beradu kemampuan individual. Keduanya juga bisa diandalkan untuk mencetak gol.

4 dari 5

Depan

Depan
Striker Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Singapura U-22 pada laga SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Kamis (28/11). © Bola.com/M Iqbal Ichs

Di posisi lini depan Osvaldo Haay layak dipercaya menemani Irfan Jauhari. Keduanya memiliki naluri mencetak gol yang baik dan merupakan perpaduan yang tepat.

Selain itu, pelatih Shin Tae-yong juga bisa memiliki opsi lain yakni Saddam Gaffar atau Jack Brown. Kedua pemain ini layak dipromosikan ke Timnas Indonesia U-22.

5 dari 5

Skuat Lengkap

Timnas Indonesia U-22 (4-4-2)

Adi Satryo (kiper), Bagas Kaffa, Andy Setyo, Elkan Baggott, Pratama Arhan (belakang), Witan Sulaeman, Syahrian Abimanyu, Evan Dimas, Egy Maulana Vikri (tengah), Osvaldo Haay, Irfan Jauhari (depan)

Disadur dari Bola.com (Zulfirdaus Harahap/Editor: Yus Mei Sawitri, 8 Januari 2020)