FOLLOW US:


Menpora Beber Kronologi Terungkapnya Gambar Bendera Indonesia Terbalik

20-08-2017 19:35
Menpora Beber Kronologi Terungkapnya Gambar Bendera Indonesia Terbalik
Imam Nahrawi © Fitri Apriani

Bola.net - Panitia pelaksana SEA Games 2017 membuat blunder dengan mencetak gambar bendera Indonesia secara terbalik. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi menceritakan bagaimana awal terungkapnya kesalahan fatal tersebut.

Saat ini, panpel SEA Games memang menjadi sorotan, khususnya dari masyarakat Indonesia. Hal tersebut tak lepas dari munculnya gambar bendera Merah Putih yang terbalik di buku panduan ajang tersebut.

Kesalahan fatal tersebut terdeteksi oleh Menpora. Saat itu, Imam sendiri turut menghadiri upacara pembukaan ajang tersebut di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (19/8/2017).

"Ketika saya ada di tribun VVIP, di sana kemudian masing-masing diberi (paket souvenir) dan tentu saya harus buka. Ada topi, ada minum, ada snack, ada majalah, saya buka semuanya, souvenir spesial begini, baru kita kaget dan saya terus melihat," tutur Menpora.

"Di situlah kemudian kami mengerti bahwa warna yang sangat sederhana saja salah. Sementara bendera negara yang lain rumit itu benar," tambahnya.

Menpora kemudian mengaku tidak sempat untuk melayangkan protes secara langsung. Sebab saat itu kondisinya tidak memungkinkan untuk melakukan hal tersebut.

Namun, Imam menyatakan bahwa Indonesia sudah melayangkan nota protes melalui Kementerian Luar Negeri pimpinan Retno Marsudi. "Bu Menlu sudah melakukan nota protes." tandasnya.