Eric Cantona Akui Pernah Tawarkan dirinya Jadi Presiden Man United, Biar Apa sih?

Dimas Ardi Prasetya | 27 September 2022 04:30
Eric Cantona (c) AFP

Bola.net - Legenda Manchester United Eric Cantona mengaku ia pernah menawarkan dirinya jadi Presiden klub Setan Merah, tapi proposalnya ditolak mentah-mentah oleh Ed Woodward.

Cantona merupakan salah satu legenda besar Man United. Ia pemain yang berjasa membantu United memulai dominasinya di Premier League.

Ia berkarier selama lima tahun di Man United. Ia membantu MU meraih sembilan gelar juara, termasuk empat gelar Premier League.

Namun Cantona juga terkenal sebagai sosok yang kontroversial. Salah satu contoh aksinya yang menghebohkan adalah saat ia melepas tendangan kungfu pada pendukung Crystal Palace.

1 dari 6 halaman

Cantona Ingin Jadi Presiden Man United

Eric Cantona sudah lama berpisah dengan Manchester United. Namun ia tiba-tiba memutuskan untuk balik ke Old Trafford pada tahun 2021 lalu.

Ia ingin menjadi presidan Man United kala itu. Keinginan itu mendapat dukungan dari Sir Alex Ferguson.

Cantona sudah mengutarakan niatannya itu pada Ed Woodward. Sayangnya Ed kemudian menolak mentah-mentah keinginan pria asal Prancis tersebut.

2 dari 6 halaman

Pengakuan Cantona

Eric Cantona mengungkapkan apa alasannya melamar jadi Presiden Manchester United. Ia tak puas dengan cara klub bekerja dalam urusan sepak bola di bawah Ed Woodward.

"Tahun lalu, saya mengusulkan kepada klub untuk mengubah cara mereka. Ed Woodward hebat dalam pemasaran tetapi tidak hebat dalam sepak bola," bukanya pada The Athletic.

"United harus memiliki ketua dan kemudian mereka harus memiliki presiden pemasaran dan kemudian presiden sepak bola, yang bertanggung jawab atas semua keputusan dalam sepak bola. Jadi saya mengusulkan kepada mereka bahwa saya harus menjadi presiden sepak bola," seru Cantona.

"Saya bertemu dengannya beberapa kali. Tapi mereka tidak menerimanya!" ketusnya.

3 dari 6 halaman

Woodward tak Mau MU Sukses?

Ed Woodward (tengah). (c) AP Photo

Eric Cantona kemudian menegaskan dirinya sangat ingin melihat Manchester United bangkit dan sukses lagi. Namun tampaknya CEO MU kala itu, Ed Woodward, tak punya pemikiran yang serupa dengannya.

"Saya masih berpikir saya atau orang lain, mereka harus memiliki seseorang untuk urusan sepak bola. Seharusnya seseorang dari klub, yang tahu sepak bola dan klub," cetusnya.

"Tapi mereka tidak ingin saya menjadi presiden klub! Mereka tidak menginginkan saya! Dan para penggemar harus tahu bahwa saya pergi dan pergi ke Manchester untuk memberi mereka kesempatan untuk sukses dalam dekade berikutnya. Dan mereka tidak menginginkannya," bebernya.

4 dari 6 halaman

Dukungan Alex Ferguson

Eric Cantona mengaku sebelum mengajukan diri jadi Presiden Manchester United, ia sempat sowan pada Sir Alex Ferguson. Ia mengaku aksinya kala itu mendapat dukungan penuh dari sang mantan manajernya tersebut.

"Pertama saya bertemu Sir Alex Ferguson, untuk mengatakan ini kepadanya dan untuk mengetahui apa yang ia pikirkan tentang itu. Dan ia pikir itu ide yang bagus," aku Cantona.

"Ia memperkenalkan saya kepada Tuan Woodward. Saya merasa bersalah karena tidak mencoba membantu klub ini menjadi lebih baik... Mereka tidak menginginkannya. Itu pilihan mereka. Tapi saya mencobanya," tandas Cantona.

5 dari 6 halaman

Jadwal Pertandingan Manchester United

Jadwal Pertandingan Manchester United berikutnya:

Pertandingan: Manchester City vs Manchester United

Stadion: Etihad

Hari: Minggu, 2 Oktober 2022

Kickoff: 20.00 WIB

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR