FOLLOW US:


Seharusnya Malam Jumat, Mengapa Arsenal Main di Harinya Liga Champions?

05-11-2019 10:40

 | Richard Andreas

Seharusnya Malam Jumat, Mengapa Arsenal Main di Harinya Liga Champions?
Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang © AP Photo

Bola.net - Arsenal kembali beraksi di Liga Europa pekan ini, tapi ada satu perbedaan unik. Alih-alih berlaga di malam jumat seperti biasanya, Arsenal justru 'numpang' di jadwalnya Liga Champions.

Ya, The Gunners bakal melawat ke Portugal untuk menghadapi Vitoria Guimaraes. Mereka menang tipis 3-2 atas rival Grup H itu pada duel pertama dua pekan lalu di Emirates Stadium.

Duel ini bakal dipertandingkan pada Rabu (6/11/2019) malam WIB, lebih cepat dari jadwal seharusnya. Keputusan ini tentu mengundang tanya, terlebih karena Arsenal merupakan salah satu tim kuat di ajang tersebut.

Apa yang melandasi keputusan tersebut? Mengapa UEFA menggusur jadwal Asenal? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneteres!

1 dari 2

Alasan Keamanan

Mengutip Evening Standard, ternyata ada alasan keamanan di balik keputusan tersebut.

Rival sekota Vitoria, Braga, bakal menjamu Besiktas di Municipal Stadium, Jumat (8/11/2019) dini hari WIB. Stadion itu hanya berjarak sekitar 24 kilometer dari kandang Vitoria, Estadio D. Afonso Henrique.

Alhasil, guna menghindari pemusatan massa pada satu titik di hari yang sama, UEFA memilih memajukan Arsenal. Mereka juga mengantisipasi padatnya lalu lintas pada hari tersebut.

Fans tim-tim Portugal dikenal fantatik, apalagi rival sekota. UEFA cemas bakal ada bentrokan besar apabila jadwal Vitoria dan Braga ada di hari dan jam yang sama.

2 dari 2

Jam Lebih Awal

Selain hari yang dimajukan, jam pertandingan Arsenal pun jadi lebih awal. Biasanya kick-off ditentukan pada dini hari WIB, tapi kali ini Arsenal bakal bermain pukul 22.50 WIB, Rabu besok.

Keputusan ini dibuat agar jadwal pertandingan Arsenal tidak berbentrokan dengan jadwal Liga Champions pada dini Kamis (7/11/2019) dini hari. Ada Juventus, Bayern Munchen, dan Real Madrid yang bermain saat itu.

Artinya, meski digusur ke jadwal Liga Champions, Arsenal harus sadar bahwa mereka tetap bermain di Liga Europa. Ya, setidaknya pasukan Unai Emery merasakan sensasi duel Liga Champions.

Sumber: Standard