FOLLOW US:


Soal Mohamed Salah, Liverpool, dan Olimpiade 2021, Mesir Pilih Mengalah

21-11-2020 05:00

 | Yaumil Azis

Soal Mohamed Salah, Liverpool, dan Olimpiade 2021, Mesir Pilih Mengalah
Mohamed Salah © Pool PA via AP Photo

Bola.net - Liverpool dihadapkan dengan jadwal yang padat hingga satu sampai dua tahun ke depan. Sialnya, dalam kurun waktu itu, mereka terancam kehilangan Mohamed Salah.

Pada musim panas tahun 2021, Olimpiade yang mengalami penundaan akan digelar di Tokyo, Jepang. Menurut regulasi, setiap negara boleh memasukkan tiga pemain senior ke dalam skuad U-23 untuk berpartisipasi di cabor sepak bola.

Mesir U-23 dipastikan ikut ambil bagian dalam ajang tersebut setelah berhasil memenangkan Piala Afrika U-23 pada tahun 2019 lalu. Dan diyakini mereka akan menyertakan Mohamed Salah ke dalam skuadnya untuk Olimpiade nanti.

Masalahnya, musim reguler 2021/22 sepertinya bakalan dimulai segera setelah Olimpiade selesai. Jika diikutkan, ditakutkan persiapan Mohamed Salah untuk menyambut musim baru akan terganggu.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Takkan Memanggil Sebelum Berkonsultasi

Sikap sang pelatih, Jurgen Klopp, dalam situasi ini masih setengah-setengah. Di satu sisi, ia enggan menghalangi langkah Mo Salah untuk berpartisipasi di Olimpiade. Tapi dirinya juga tahu kebutuhan timnya.

Kabar baik buat Liverpool, Mesir U-23 tidak akan memaksa jika Klopp benar-benar membutuhkan jasa Mo Salah dalam masa pramusim. Ia mengatakan kalau Mesir U-23 bakalan berkonsulitasi dengan Liverpool sebelum memanggilnya.

"Kami akan berbincang dengan Liverpool pada bulan Maret nanti. Kami belum berdiskusi soal isu ini [kemungkinan ada panggilan untuk Olimpiade] dengan sang pemain," tutur pelatih Mesir U-23, Shawky Gharib, kepada MBC Masr.

2 dari 2

Mesir U-23 Mengalah

Masalahnya tidak sampai di situ. Selang beberapa bulan setelah Olimpiade usai, Timnas Mesir akan kembali butuh jasa Mohamed Salah untuk ajang Piala Antarbangsa Afrika. Itulah mengapa Mesir U-23 memilih mengalah dalam hal ini.

"Masalahnya AFCON akan dimulai beberapa bulan setelah Olmpiade, tetapi kejuaraan yang terakhir akan berakhir lalu Premier League dimulai tiga hari setelahnya. Namun kami tak bisa memanggil Salah kecuali Liverpool mengizinkan," tutup Gharib.

Aksi Mo Salah sendiri bersama Liverpool tidak bisa disaksikan dalam waktu dekat ini. Pemain yang pernah memperkuat AS Roma tersebut terpapar Covid-19 saat sedang menjalani tugas memperkuat Timnas Mesir di pekan internasional.

(Goal International)