FOLLOW US:


Fantastis! 44 Legenda LaLiga Berebut Kesempatan Masuk Dream Team Ballon dOr

23-10-2020 19:36

 | Dimas Ardi Prasetya

Fantastis! 44 Legenda LaLiga Berebut Kesempatan Masuk Dream Team Ballon dOr
Trofi Ballon dOr © France Football

Bola.net - Mulai dari bintang-bintang LaLiga yang telah pensiun seperti Johan Cruyff, di Stefano, Diego Maradona, dan Zinedine Zidane, hingga superstar masa kini seperti Sergio Ramos dan Lionel Messi.

France Football, penyelenggara penghargaan Ballon d’Or, bereaksi terhadap dibatalkannya penghargaan Ballon d’Or tahun ini karena pandemi COVID-19. Mereka lalu mengadakan pemungutan suara untuk menentukan dream team Ballon d’Or.

France Football sedang membangun tim dengan formasi 3-4-3. 110 nama telah dinominasikan untuk masuk ke tim tersebut.

Dari 110 nama tersebut, 44 nama pernah bermain di LaLiga, atau sebanyak 40%. Empat nama masih bermain hingga saat ini, dan mereka dianggap akan meninggalkan warisan yang sangat sulit disamai.

Keempat nama tersebut adalah Sergio Ramos, Marcelo, Sergio Busquets, dan Lionel Messi. Tidak ada liga sepak bola lainnya yang mengirim nama pemain aktif sebanyak LaLiga ke nominasi dream team Ballon d’Or.

Banyak juga pemain-pemain hebat yang telah pensiun yang pernah bermain di LaLiga. Berikut nama-nama legenda LaLiga yang masuk nominasi:

1 dari 9

Kiper

Kiper
Iker Casillas © AFP

Iker Casillas dan Thomas N'Kono

France Football menominasikan 10 penjaga gawang di tim ideal mereka, dan ada dua pemain LaLiga di daftar ini. Salah satunya adalah Iker Casillas, legenda sepak bola Spanyol sepanjang masa dan pemain pertama yang menerima status resmi 'Ikon LaLiga'.

Ia bermain untuk Real Madrid selama satu setengah dekade dan memenangkan banyak trofi, bahkan menjadi kapten Los Blancos dan timnas Spanyol yang memenangkan Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan Euro 2012.

Selain Casillas, kiper LaLiga lainnya yang dinominasikan adalah Thomas N'Kono, kiper asal Kamerun yang mencatatkan 241 penampilan LaLiga untuk RCD Espanyol, pemain kesembilan yang paling banyak mewakili klub Catalan.

2 dari 9

Bek kanan

Bek kanan
Lilian Thuram © AFP

Lilian Thuram dan Cafu

Satu bek kanan akan dipilih dari 10 nama, dan dua mantan pemain LaLiga juga ada di sini. Lilian Thuram, yang memimpin sisi kanan pertahanan Prancis saat mereka memenangkan Piala Dunia 1998, adalah salah satunya, dan ia bermain di Liga bersama FC Barcelona dari 2006 hingga 2008.

Mantan bek kanan LaLiga lainnya yang dipilih adalah mantan kapten Brasil Cafu. Tim Eropa pertama yang pernah ia bela adalah Real Zaragoza, sebelumnya ia juga menikmati kesuksesan bersama Roma dan AC Milan di Italia.

3 dari 9

Bek tengah

Bek tengah
Sergio Ramos merayakan golnya pada laga Real Betis vs Real Madrid pada pekan kedua La Liga 2020/2021 © AP Photo

Ronald Koeman, Fabio Cannavaro dan Sergio Ramos

Hanya satu bek tengah yang akan dipilih dari daftar 10 pemain France Football, daftar yang mencakup tiga legenda LaLiga. Salah satunya adalah pelatih FC Barcelona dan mantan pemain FC Barcelona Ronald Koeman.

Sementara Fabio Cannavaro dan Sergio Ramos, yang dulunya adalah rekan satu tim di Real Madrid ikut bergabung. Cannavaro bergabung dengan Los Blancos pada tahun 2006, tahun di mana ia memenangkan Piala Dunia bersama Italia dan juga merebut Ballon d'Or. Ramos, sementara itu, adalah kapten Real Madrid saat ini dan telah membawa Real Madrid dan Spanyol meraih begitu banyak kejayaan selama satu setengah dekade terakhir, termasuk empat gelar Liga Champions.

4 dari 9

Bek kiri

Bek kiri
Roberto Carlos © Real Madrid

Marcelo, Roberto Carlos, Andreas Brehme dan Paul Breitner

40% dari seluruh daftar nominasi Dream Team adalah mantan pemain LaLiga, dan 40% dari 10 bek kiri yang dipilih adalah mantan pemain LaLiga. Pemain Brasil Marcelo dan Roberto Carlos, dua pemain yang mendominasi sayap kiri Real Madrid selama abad ke-21, keduanya berada di grup terpilih ini.

Sedangkan pemain Jerman Andreas Brehme dan Paul Breitner juga dinominasikan. Brehme menghabiskan waktu di akhir karirnya bersama Real Zaragoza, sementara Breitner bermain untuk Real Madrid di sela-sela karirnya di Bayern Munich.

5 dari 9

Gelandang bertahan

Gelandang bertahan
Gelandang Barcelona Sergio Busquets (tengah) dalam pertandingan melawan Real Madrd di Santiago Bernabeu, Senin, (2/2/20) dini hari WIB. © AP Photo

Sergio Busquets, Didi, Pep Guardiola, Johan Neeskens, Fernando Redondo, Frank Rijkaard, Bernd Schuster, Clarence Seedorf, Luis Suarez, Xabi Alonso dan Xavi.

Posisi lini tengah sedikit berbeda untuk penghargaan ini. Pasalnya France Football telah menunjuk 20 gelandang bertahan dan hanya akan memilih dua nama saja.

Lalu mereka akan memilih dua nama lainnya dari 20 gelandang menyerang. Di kategori gelandang bertahan, total ada 11 mantan pemain LaLiga.

Kebanyakan dari mereka bermain untuk Real Madrid atau FC Barcelona. Real Madrid diwakili oleh Didi, Fernando Redondo, Clarence Seedorf dan Xabi Alonso, sementara FC Barcelona diwakili oleh mantan bintang Pep Guardiola, Johan Neeskens, Luis Suarez, Xavi Hernandez dan wakil kapten saat ini Sergio Busquets.

Bernd Schuster bahkan pernah bermain untuk kedua raksasa Spanyol itu. Frank Rijkaard adalah legenda Barca untuk apa yang ia capai di Camp Nou sebagai pelatih, sementara ia menghabiskan satu tahun karir bermainnya di Real Zaragoza.

6 dari 9

Gelandang serang

Alfredo Di Stefano, Gheorghe Hagi, Andres Iniesta, Raymond Kopa, Laszlo Kubala, Diego Maradona, Ferenc Puskas dan Zinedine Zidane

Seperti kategori gelandang bertahan, 20 pemain dinominasikan untuk dua slot gelandang serang, dan delapan dari mereka pernah bertualang di Spanyol. Sekali lagi, ada berbagai ikon FC Barcelona dan Real Madrid dalam daftar ini dan, lagi-lagi, ada satu pemain yang menghabiskan waktu di kedua klub tersebut termasuk pemecah rekor asal Rumania, Gheorghe Hagi.

Selain Hagi, FC Barcelona diwakili oleh Laszlo Kubala, yang juga bermain untuk rival sekota mereka RCD Espanyol, dan Diego Maradona, yang juga bermain untuk Sevilla FC, dan yang merupakan salah satu ikon sepak bola sepanjang masa untuk apa yang ia raih bersama Argentina.

Andreas Iniesta, yang menjadi 'Ikon LaLiga' kedua setelah Casillas, juga menjadi kandidat di sini. Real Madrid, sementara itu, diwakili oleh Alfredo Di Stefano, Ferenc Puskas dan Raymond Kopa, dan pelatih mereka saat ini Zinedine Zidane.

7 dari 9

Sayap kanan

Sayap kanan
Penyerang Barcelona, Lionel Messi. © AP Photo

David Beckham, Samuel Eto'o, Luis Figo, Lionel Messi dan Arjen Robben

Untuk posisi sayap kanan, satu dari 10 kandidat akan dipilih dan empat nama pernah bermain di LaLiga, dan satu nama masih aktif bermain, untuk merebut tempat di Dream Team. Pemain saat ini tidak lain adalah Lionel Messi, kapten FC Barcelona yang tahu bagaimana rasanya diakui oleh France Football karena ia memiliki enam penghargaan Ballon d'Or, lebih dari siapa pun dalam sejarah.

Mantan sayap Real Madrid David Beckham, Luis Figo dan Arjen Robben juga termasuk dalam kategori ini. Demikian juga dengan mantan rekan setim Messi dan mantan pemenang penghargaan Pichichi, Samuel Eto'o.

8 dari 9

Sayap kiri

Sayap kiri
Cristiano Ronaldo © AFP

Cristiano Ronaldo, Thierry Henry, Rivaldo, Ronaldinho dan Hristo Stoichkov

Lima dari 10 pemain yang masuk dalam kategori sayap kiri menghabiskan waktunya di LaLiga. Pemain Bulgaria Hristo Stoichkov adalah yang pertama melakukannya, bermain dengan FC Barcelona selama dua periode pada 1990-an, saat ia menjadi bagian dari tim yang disebut Dream Team.

Ia bukan satu-satunya pemain di sini yang membela Barcelona, karena Thierry Henry, Rivaldo, dan Ronaldinho semuanya juga dipilih untuk pencapaian mereka di Camp Nou dan di klub lain.

Lalu ada Cristiano Ronaldo, yang membuat warisan istimewa selama sembilan musim bersama Real Madrid. Di Madrid, penyerang Portugal itu memenangkan Pichichi tiga kali dan menambah koleksi Ballon d'Ornya sendiri hingga lima kali.

9 dari 9

Penyerang Tengah

Penyerang Tengah
Ronaldo mencetak salah satu gol terbaik dalam sejarah La Liga © LaLiga

Johan Cruyff, Sandor Kocsis, Romario dan Ronaldo Nazario

Slot terakhir akan jatuh ke salah satu dari 10 penyerang tengah, empat di antaranya pernah bermain di LaLiga. Johan Cruyff adalah salah satunya dan pengaruh pemain Belanda itu di FC Barcelona sangat luar biasa, mengingat apa yang ia capai di sana sebagai pemain dengan keahliannya dan sebagai pelatih dengan kecerdasannya.

Sebelum Cruyff datang, Sandor Kocsis, yang bermain untuk klub Catalan tersebut antara 1958 dan 1965, dan yang dianggap sebagai salah satu talenta paling diremehkan sepanjang masa oleh mereka dari generasi itu. Setelah Cruyff datanglah Romario, yang meraih sebagian besar kesuksesan klubnya di negara asalnya Brasil, tetapi juga bermain untuk FC Barcelona dan Valencia FC.

Mewakili Real Madrid dalam kategori ini adalah presiden Real Valladolid saat ini, Ronaldo Nazario. Pria yang juga pernah membela Barcelona ini termasuk salah satu penggiring bola dan penyerang terbaik sepanjang masa dan salah satu dari Galacticos asli di Bernabeu.

(BCW La Liga)