FOLLOW US:


Rossi Akui Ban Depan Michelin Bikin 'Menderita'

24-03-2017 12:15
Rossi Akui Ban Depan Michelin Bikin 'Menderita'
Valentino Rossi © AFP

Bola.net - 'Penderitaan' rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi selama uji coba pramusim ternyata masih berlanjut di sesi latihan bebas pertama MotoGP Qatar di Sirkuit Losail pada hari Kamis (23/3) malam waktu setempat, di mana ia hanya mampu menduduki posisi kesembilan, sementara tandemnya, Maverick Vinales justru jadi yang tercepat.

Rossi tertinggal 1,483 detik dari Vinales, dan jarak ini termasuk cukup lebar. The Doctor mengaku tak nyaman mengendarai YZR-M1 dan tak merasa percaya diri soal area depan motornya. Meski menemukan solusi setup agar lebih baik, Rossi yakin ini tak cukup membuatnya mampu bertarung di depan pada hari Minggu (26/3) nanti.

Dengan ban lunak dari Michelin, Rossi merasa lebih percaya diri, namun ban ini memang hanya cocok digunakan untuk mencari catatan waktu dalam lap tunggal dan tak cukup baik untuk digunakan saat balapan. Ban medium akan jadi pilihan saat balapan nanti, namun Rossi justru pesimis.

"Performa saya tak fantastis, saya tak merasa nyaman. Tapi di akhir sesi, kami menemukan hal yang bisa membantu. Dengan ban lunak, grip meningkat, saya bisa lebih ngotot. Tapi saya lebih cemas soal ban medium, itulah ban untuk balapan nanti. Mungkin modifikasi setup bakal membantu. Kita lihat saja nanti, semoga cuacanya bersahabat," ujarnya kepada Crash.net.

Sembilan kali juara dunia berusia 38 tahun ini juga menegaskan bahwa tak ada masalah berarti pada motor YZR-M1 miliknya, hanya saja ia tak menemukan feeling yang tepat dengan ban depan Michelin, yang uniknya justru cocok digunakan oleh para rivalnya, termasuk Vinales.

"Yang membuat saya 'menderita' adalah ban depan, bukan motor. Michelin mengikuti langkah ini, terutama pada casing dan karetnya, jadi saya tidak nyaman. Motor saya banyak bergerak ketika masuk tikungan, dan tak bisa cepat ketika masuk. Saya sudah katakan ini sejak pertama kali menjajalnya, tapi tampaknya rider lain menyukainya, jadi inilah ban kami," pungkas Rossi. (cn/kny)