FOLLOW US:


Yamaha Akui Ajukan Wildcard untuk Lorenzo di Catalunya

13-02-2020 15:55

 | Anindhya Danartikanya

Yamaha Akui Ajukan Wildcard untuk Lorenzo di Catalunya
Test rider Yamaha, Jorge Lorenzo © MotoGP.com

Bola.net - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, mengakui pihaknya sudah mengajukan proposal wildcard untuk sang test rider baru, Jorge Lorenzo, di MotoGP Catalunya, Spanyol, 5-7 Juni mendatang.

Hal ini dinyatakan Jarvis kepada Sky Sport di Sepang, Malaysia, pekan lalu, di mana Lorenzo berkendara masing-masing sehari di uji coba shakedown (4/2/2020) dan pramusim (9/2/2020).

Sejak menjabat sebagai test rider, Lorenzo digadang-gadang akan kembali balapan. Rumor ini semakin kuat ketika Yamaha digosipkan telah mengajukan dua wildcard kepada IRTA (Asosiasi Tim Balap Internasional).

1 dari 2

Sudah Diskusi dengan Lorenzo

Jarvis pun membenarkan rencana Yamaha menurunkan Lorenzo sebagai pebalap wildcard, namun tentu mengikuti regulasi MotoGP, di mana pabrikan tanpa konsesi hanya diizinkan menurunkan tiga wildcard per musim, ketimbang enam seperti pabrikan berkonsesi.

"Kita lihat saja nanti, kami sudah bicara dengannya. Ada peluang untuk turun sebagai wildcard. Kami sebagai pabrikan (tanpa konsesi) bisa dapat maksimal tiga wildcard," ungkap pria asal Inggris ini.

2 dari 2

Baru Ajukan Satu Slot

Meski begitu, Jarvis menyatakan pihaknya baru mengajukan satu wildcard, ketimbang dua seperti rumor yang beredar. Ia juga membenarkan bahwa wildcard itu untuk MotoGP Catalunya, yakni kandang Lorenzo.

"Kami akan mulai dengan satu, lalu kita lihat nanti. Kami sudah reservasi untuk wildcard di Barcelona, karena ini bisa jadi tempat yang tepat untuknya. Setelahnya, barulah kita lihat bakal dipakai atau tidak," pungkasnya.

Meski begitu, Lorenzo takkan turun dalam uji coba pramusim kedua MotoGP di Losail, Qatar, 22-24 Februari. Ia baru akan turun lintasan lagi dalam uji coba tertutup Yamaha pada April, meski tempatnya belum ditentukan.