FOLLOW US:


Altobelli Kecam Blunder Taktik Ventura di Bernabeu

04-09-2017 10:00
Altobelli Kecam Blunder Taktik Ventura di Bernabeu
Giampiero Ventura © AFP

Bola.net - Spanyol menang telak 3-0 menjamu Italia di Santiago Bernabeu akhir pekan kemarin. Italia turun dengan line-up yang sangat ofensif dan harus membayar mahal. Kemenangan ini membuat posisi Spanyol di puncak klasemen Grup G kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa semakin solid.

Menurut eks striker Italia Alessandro Altobelli, pelatih Giampiero Ventura sudah melakukan blunder dalam pemilihan taktiknya.

Ventura coba-coba menggunakan sistem 4-2-4 di Bernabeu. Hasilnya, Azzurri digilas Spanyol lewat dua gol Isco dan satu gol Alvaro Morata.

"Spanyol lebih superior di segala aspek dalam laga ini. Italia pratis hanya menjadi lawan latih tanding dan kesulitan sejak menit awal. Spanyol sudah memberi mereka pelajaran bermain sepakbola," kata Altobelli kepada La Gazzetta dello Sport.

"Memilih sistem 4-2-4 adalah keputusan yang salah. Giampiero Ventura mempertimbangkan 4-3-3, tapi berubah pikiran dan meyakinkan diri kalau dia tak bisa meninggalkan Lorenzo Insigne serta Antonio Candreva. Namun mereka berdua tak bisa beroperasi di wilayah 60-70 meter, jadi tak banyak membantu."

"Di lapangan tengah, kami hanya punya dua pemain: Daniele De Rossi dan Marco Verratti. Tak ada yang melakukan pressing dan Verratti dihabisi oleh Isco yang bermain luar biasa."

"Spanyol berada di mana-mana sesuka mereka. Saat merebut bola, mereka memulai lagi dari awal. Harusnya kami yang menekan mereka di wilayah mereka sendiri," pungkas Altobelli.

Altobelli Kecam Blunder Taktik Ventura di Bernabeu
Peluang Italia untuk lolos ke Piala Dunia 2018 belum tertutup. Namun Italia sepertinya harus melalui jalur play-off untuk peringkat dua (hanya juara grup yang lolos otomatis).

Berikutnya, Rabu (06/9), Italia akan menjamu Israel di Mapei Stadium, sedangkan Spanyol tandang ke Liechtenstein. Setelah itu, pada 6 dan 9 Oktober mendatang, Italia akan melawan Makedonia (Spanyol vs Albania) serta Albania (Israel vs Spanyol).

Sejauh ini, sudah enam tim yang pasti tampil di putaran utama Piala Dunia 2018. Enam tim itu adalah tuan rumah Rusia, Brasil, Iran, Jepang, Meksiko dan Belgia. Masih ada 26 slot tersisa.