FOLLOW US:


Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Menpora Bersaksi Stadion GBT Tak Bau Sampah

06-08-2020 18:18

 | Serafin Unus Pasi

Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2021, Menpora Bersaksi Stadion GBT Tak Bau Sampah
Pertandingan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo © Bola.com/Aditya Wany

Bola.net - Bau sampah kerap dikeluhkan banyak orang saat berada di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur. Sebab, di dekat venue tersebut ada lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo.

Situasi itu sempat mengundang kekhawatiran. Apalagi, Surabaya menjadi salah satu kota penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 Indonesia. Stadion yang dipakai ya GBT.

Tapi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan bau sampah tidak terasa lagi. Ia sudah membuktikan itu saat pembukaan Shopee Liga 1 2020 akhir Februari lalu. Dalam pertandingan Persebaya Surabaya versus Persik Kediri itu, Menpora ada di stadion dari sore sampai malam hari.

"Saya beberapa jam di situ, tidak ada masalah sama sekali. Dari Walikota Surabaya Bu Risma, juga diinformasikan kalau bermasalah pasti warga di situ langsung protes," ujar Menpora saat sesi jumpa pers bersama Walikota Surabaya, Tri Rismaharini di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Kamis (6/8).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Berani Garansi

Menpora berani menggaransi kalau dirinya memang benar-benar tidak mercium bau sampah. Sehingga GBT dan Surabaya layak untuk menjadi salah satu tuan rumah pesta sepak bola dua tahunan itu.

Kesaksian soal tidak ada lagi bau sampah ini penting disampaikan supaya publik tidak ragu. FIFA dan negara peserta juga tidak terganggu dengan isu sampah ini.

"Saya luruskan, GBT sangat layak. Urusan lingkungan sudah beres. Jadi tidak ada masalah, karena saya langsung hadir di situ. Tidak ada bau dan lain-lain," tuturnya.

"Surabaya siap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Itu intinya setelah bertemu Bu Risma. GBT dan fasilitasnya termasuk lapangan sudah siap," imbuh Menpora.

(Bola.net/Fitri Apriani)