FOLLOW US:


Rivaldo Kecam Cara Barcelona Usir Ernesto Valverde

16-01-2020 00:26

 | Dimas Ardi Prasetya

Rivaldo Kecam Cara Barcelona Usir Ernesto Valverde
Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde © AP Photo

Bola.net - Legenda Barcelona Rivaldo menyebut manajemen Blaugrana bersikap naif dan tidak sopan dalam caranya menangani pemecatan Ernesto Valverde.

Masa pemerintahan Valverde yang berlangsung selama nyaris tiga tahun di Barcelona telah berakhir. Manajemen Blaugrana mendepaknya dari Camp Nou pada 13 Januari 2020 kemarin.

Setelah mendepak Valverde, Barca langsung menunjuk penggantinya yakni Quique Setien. Pelatih 61 tahun itu dikontrak hingga tahun 2022.

Selama di Camp Nou, prestasi valverde sebenarnya cukup bagus. Ia membawa Barcelona memenangi dua gelar juara La Liga plus dua gelar kompetisi domestik lainnya.

1 dari 2

Kecaman Rivaldo

Kecaman Rivaldo
Rivaldo saat masih di Barcelona © AFP

Rivaldo sendiri sebelumnya pernah berkata bahwa Ernesto Valverde memang layak dipecat. Namun ia kini mengkritisi cara Barcelona memutus hubungannya dengan pelatih berusia 55 tahun tersebut.

"Jelas bahwa Barcelona tidak berurusan dengan baik dengan pergantian manajer ini. Mereka agak naif dan mungkin tidak sopan dengan Valverde; tidak pernah merupakan tindakan positif untuk mulai bernegosiasi dengan manajer baru sementara yang saat ini masih bertugas," tegasnya kepada Betfair.

"Tentu saja, Xavi dan Ronald Koeman menolak proposal mereka juga menambah masalah yang menciptakan banyak spekulasi, sebelum mereka akhirnya mengumumkan Quique Setien," ketus Rivaldo.

2 dari 2

Siapkan Pengganti

Siapkan Pengganti
Rivaldo saat berlaga di El Clasico © AFP

Rivaldo mengatakan bahwa situasi tersebut harusnya bisa ditangani dengan lebih baik. Caranya dengan mempersiapkan manajer cadangan sejak awal.

"Sepak bola adalah bisnis yang rumit, tentu saja, tetapi kita semua tahu bahwa prosesnya tidak digerakkan dengan baik oleh dewan Barca. Klub seperti Barcelona atau Real Madrid harus selalu memiliki manajer cadangan untuk menghindari situasi seperti itu," tegasnya.

"Ya, memang tidak bagus untuk berbicara dengan manajer lain sebelum benar-benar ingin merekrutnya, tetapi jika Anda berhasil mengidentifikasi satu atau dua target realistis yang mungkin menerima tawaran ketika datang, Anda dapat menghindari situasi sulit semacam ini."

Setelah pemecatan Ernesto Valverde, Barcelona akan mengawali laga perdananya dengan Quique Setien melawan Granada. Laga itu akan dihelat di Camp Nou pada 20 Januari 2020.

(betfair)