FOLLOW US:


Statistik: Lionel Messi Raja Dribel, Cristiano Ronaldo Kalah Jauh

18-11-2019 09:57

 | Asad Arifin

Statistik: Lionel Messi Raja Dribel, Cristiano Ronaldo Kalah Jauh
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi © AFP

Bola.net - Mantan pelatih timnas Inggris, Fabio Capello, beberapa waktu membuat komentar yang menohok untuk Cristiano Ronaldo. Capello menyebut Ronaldo tidak mampu lagi melewati lawan dalam tiga tahun terakhir.

"Faktanya, Ronaldo belum pernah mendribel bola melewati lawan selama tiga tahun terakhir. Dahulu saya pernah menjadi komentator La Liga, melihat Ronaldo membawa bola dan melewati lawan dengan mudah," ucap Cepello.

Lalu, pertanyaannya adalah benarkah seperti itu? Tentu saja tidak. Ronaldo masih tetap bisa melakukan dribel dan melewati lawan. Salah satu aksi impresif ditunjukkan di laga kontra Atletico Madrid di Liga Champions.

Namun, pernyataan Capello juga tidak bisa dianggap sepenuhnya salah. Kekuatan Ronaldo saat ini memang bukan pada aksi dribel melewati lawan. Bahkan, dari catatan statistik Opta, Ronaldo kalah jauh dari Lionel Messi yang menjadi raja dribel di Eropa.

1 dari 2

Lionel Messi Si Raja Dribel

Berdasar catatan Opta yang diambil sejak musim 2006/2007, tidak ada pemain di lima liga top Eropa yang punya dribel sukses lebih banyak dari Lionel Messi. Bahkan, Ronaldo sekalipun. Messi unggul sangat jauh dari Ronaldo.

Berdasar catatan Opta, La Pulga telah melakukan 1.880 dribel sukses. Catatan ini bahkan diambil dari kiprah La Pulga bersama Barcelona. Messi mencatat 57,2 persen dribel sukses dari semua aksi dribel yang dilakukannya.

Statistik Lionel Messi tersebut unggul jauh dari pemain dibawahnya yakni Eden Hazard. Pemain yang kini membela Real Madrid tersebut mampu melakukan 1.220 dribel sukses. Dia tertinggal 660 dribel dari Lionel Messi.

Messi dan Hazard menjadi pemain dengan dribel sukses melebihi angka 1000 kali. Sedangkan, para pemain top lain tidak ada yang mampu melakukannya. Eks bintang Bayern Munchen, Franck Ribery hanya bisa membuat 939 dribel sukses sejak musim 2006/2007 silam.

2 dari 2

Lalu, Bagaimana dengan Ronaldo?

Ronaldo tertinggal jauh dari Lionel Messi untuk urusan dribel sukses. Pemain asal Portugal itu baru melakukan 816 kali dribel sukses sejak musim 2006/2007 silam. Ronaldo tertinggal lebih dari seribu dribel sukses dari Lionel Messi.

Bahkan, Ronaldo masih kalah dari Sergio Aguero. Pemain Manchester City itu mampu melakukan 832 dribel sukses. Dan, catatan yang mengejutkan adalah masuknya nama Joaquin [Real Betis] dan Hatem Ben Arfa [PSG] dalam daftar 10 besar pemain dengan jumlah dribel sukses paling banyak di Eropa.

Berikut daftar 10 besar pemain dengan dribel sukses paling banyak di Eropa menurut Opta sejak 2006/007:

  1. Lionel Messi - 1.880 dribel
  2. Eden Hazard - 1.220 dribel
  3. Franck Ribery - 939 dribel
  4. Sergio Aguero - 832 dribel
  5. Cristiano Ronaldo - 816 dribel
  6. Joaquin - 798 dribel
  7. Hatem Ben Arfa - 770 dribel
  8. Andres Iniesta - 739 dribel
  9. Roberto Firmino - 736 dribel
  10. Neymar - 734 dribel

Sumber: Squawka