FOLLOW US:


Xavi Sambut Gembira Supercopa de Espana: Bisa Jadi Titik Balik Barcelona!

12-01-2022 15:06

 | Yaumil Azis

Xavi Sambut Gembira Supercopa de Espana: Bisa Jadi Titik Balik Barcelona!
Pelatih Barcelona, Xavi © AP Photo

Bola.net - Tidak ada rasa takut terpancar dari perkataan bos Barcelona, Xavi Hernandez, ketika menemui awak media jelang melawan Real Madrid di ajang Supercopa de Espana. Ia malah optimis laga ini akan menjadi titik balik timnya.

Musim 2021/22 terasa berat buat Barcelona. Krisis finansial yang diakibatkan pandemi membuat mereka harus berhemat di bursa transfer. Alhasil, tim tidak mengalami peningkatan yang signifikan.

Beberapa masalah muncul di tengah musim berjalan. Mereka harus memecat Ronald Koeman karena rentetan hasil buruk dan penyerang barunya, Sergio Aguero, terpaksa pensiun lantaran mengalami masalah pada jantungnya.

Paling berat jelas kepergian Lionel Messi ke PSG lantaran kontraknya bersama Barcelona berakhir pada musim panas kemarin. Mereka tidak bisa memperpanjang masa abdinya karena bermasalah dengan regulasi salary cap La Liga.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2

Bisa Jadi Titik Balik

Barcelona memasuki era baru setelah Koeman dipecat dan Xavi didatangkan sebagai penggantinya. Momen peralihan tidaklah mudah, dan mereka sedang mencari stabilitas agar bisa meraih hasil yang lebih konsisten.

Mereka jelas belum siap untuk menghadapi lawan berat. Tapi pada Kamis (13/1/2022) besok, mereka harus bertatap muka dengan Real Madrid di ajang Supercopa de Espana. Barcelona bukan tim unggulan dalam duel kali ini.

Namun Xavi bisa menatap pertandingan ini dengan semangat dan optimisme tinggi. Ia meyakini bahwa laga semi-final ini bisa menjadi titik balik buat Barcelona.

"Ini bisa menjadi titik balik. Sampai ke babak final kemudian memenangkan gelar akan memberikan kredibilitas yang luar biasa buat proyek ini," ujar Xavi seperti yang dikutip dari Marca.

2 dari 2

Berkaca dari La Liga, Real Madrid dan Barcelona terpaut cukup jauh. Madrid sedang perkasa sementara Barcelona, seperti yang telah dijelaskan, masih mencari titik konsistensi dalam era kepelatihan Xavi Hernandez.

Namun Xavi tidak percaya hasil dari laga ini bisa diprediksi dari situasi di klasemen La Liga. "Clasico sulit diprediksikan. Apa yang mungkin bisa terjadi, tidak ada yang tahu, terlepas dari perbedaan poin [di antara kedua tim."

"Akan penting [memenangkan semi-final]. Tidak ada pialanya, karena masih ada laga final untuk dimainkan, namun ini akan jadi sangat penting buat kami."

"Bagi kami, ini adalah sebuah tantangan, kesempatan untuk memenangkan gelar. Motivasi kami sedang tinggi dan ini bisa jadi titik balik," pungkasnya.

(Marca)