FOLLOW US:


Cerita Kyle Walker jadi Kiper Dadakan Man City, Terpaksa atau Sukarela?

07-11-2019 13:51

 | Asad Arifin

Cerita Kyle Walker jadi Kiper Dadakan Man City, Terpaksa atau Sukarela?
Kyle Walker terpaksa dimainkan menjadi kiper Manchester City dalam laga versus Atalanta © AP Photo

Bola.net - Momen tidak terlupakan dijalani Kyle Walker saat Manchester City berjumpa Atalanta. Sebab, pemain berusia 29 tahun tersebut tiba-tiba saja harus bermain sebagai penjaga gawang bagi Manchester City.

Manchester City berjumpa Atalanta pada matchday keempat Grup C Liga Champions, Kamis (7/11/2019) dini hari WIB. Pertandingan yang digelar di San Siro tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1.

Manchester City unggul lebih dulu lewat gol cepat Raheem Sterling pada menit ke-7. Man City sempat mendapat peluang bagus tetap penalti Gabriel Jesus gagal. Atalanta menyamakan skor lewat gol Mario Pasalic pada menit ke-49.

Di balik hasil imbang 1-1, ada momen di mana Manchester City harus dua kali mengganti kipernya. Kyle Walker, yang posisi aslinya bek kanan, harus menjadi penjaga gawang. Apakah itu karena terpaksa?

1 dari 2

Pengakuan Kyle Walker

Awalnya, Josep Guardiola memainkan Ederson Soares sebagai penjaga gawang utama Manchester City di laga melawan Atalanta. Ederson tidak banyak mendapat ancaman di babak pertama. Tidak ada shot on target dari pemain Atalanta.

Namun, Ederson kemudian mengalami cedera dan tidak bisa melanjutkan laga babak kedua. Ederson kemudian digantikan kiper kedua, Claudio Bravo. Kiper asal Chile lantas kebobolan pada menit 49.

Pada menit 81, Bravo menerima kartu merah usai melanggar Josip Ilicic. Pep Guardiola kemudian harus memasukkan penjaga gawang baru. Keputusan dibuat. Kyle Walker masuk sebagai penjaga gawang, yang diganti adalah Riyad Mahrez.


Kyle Walker mengakui bahwa keputusan tersebut adalah kesepakatan bersama. Namun, bek timnas Inggrus juga tidak menutup kemungkinan bahwa itu adalah keputusan sukarela darinya. Kyle Walker mengajukan diri menjadi kiper.

"Sebenarnya, itu adalah sedikit kombinasi dari keduanya. Terkedang saya meneriaki kiper saat latihan dan meminta mereka untuk menangkapnya," ucap Kyle Walker dikutip dari BT Sport.

2 dari 2

Pengalaman Menjadi Penjaga Gawang

Waktu yang didapatkan Kyle Walker sebagai penjaga gawang memang tidak lama. Dia masuk pada menit ke-88. Namun, momen ini menjadi pengalaman sangat penting bagi Kyle Walker. Dia kini tahu menjadi penjaga gawang seperti apa.

"Ternyata, itu sulit," ucap Kyle Walker.

"Saya butuh dua sentuhan [untuk bisa menangkap bola]. Terlepas dari lelucon itu, kami datang ke sini untuk mendapat poin dan memenangkan laga. Kami tahu bahwa ini akan menjadi laga yang sulit."

"Ketika anda menjalani laga tandang dan mengakhiri pertandingan dengan cara seperti itu, hasil imbang yang kami raih sudah bagus," kata Kyle Walker.

Andai mendapat tiga poin dari lawatan ke markas Atalanta, Man City bakal lolos ke babak 16 Besar Liga Champions lebih cepat. Namun, kini Man City tetap berada di puncak klasemen Grup C dengan meraih 10 poin dari empat pertandingan.

Sumber: BT Sport