FOLLOW US:


Daftar Panjang Catatan Apik Liverpool di Final Liga Champions 2018/2019

02-06-2019 13:47

 | Yaumil Azis

Daftar Panjang Catatan Apik Liverpool di Final Liga Champions 2018/2019
Kapten Liverpool, Jordan Henderson mengangkat trofi juara Liga Champions musim 2018/2019 © AP Photo

Bola.net - Liga Champions 2018/2019 akhirnya mengeluarkan pemenangnya. Wakil Inggris, Liverpool, berhasil mengangkat trofi bergengsi itu setelah mengalahkan Tottenham pada babak final hari Minggu (2/6) dengan skor 2-0.

Dewi Fortuna sudah berpihak kepada The Reds sejak menit kedua. Pemain Tottenham, Moussa Sissoko, menyentuh bola di kotak terlarang saat berusaha menghalau tendangan Sadio Mane. Wasit pun tak ragu memberi hadiah penlti kepada Liverpool.

Mohamed Salah yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses membuat Liverpool unggukl 1-0. Dan sebelum pertandingan usai, skuat asuhan Jurgen Klopp tersebut sempat menambah keunggulannya melalui aksi Divock Origi.

Pertandingan tersebut menghasilkan serangkaian catatan menarik, terutama untuk Liverpool. Penasaran? Dilansir dari BBC Sport, berikut di antaranya.

1 dari 3

Catatan Laga Tottenham vs Liverpool

1. Liverpool meraih gelar European Cup/Liga Champions yang keenam - dua kali lebih banyak dari tim Inggris lainnya (Manchester United, tiga).

2. Klopp menjadi pelatih Liverpool keempat yang berhasil meraih gelar European Cup/Liga Champions, setelah Bob Paisley, Joe Fagan, dan Rafael Benitez.

3. Klopp menjadi pelatih Jerman kelima yang memenangkan European Cup/Liga Champions, setelah Dettmar Cramer, Jupp Heynckes, Ottmar Hitzfeld, dan Udo Lattek. Klopp juga menjadi pelatih Jerman kedua yang meraih trofi tersebut bersama tim non-Jerman (Heynckes bersama Real Madrid).

4. Pochettino mengalami kekalahan di dua laga final kompetisi mayor sebagai pelatih Tottenham, juga pernah kalah di final Carabao Cup melawan Chelsea di tahun 2015.

2 dari 3

Lanjutan

5. Untuk pertama kalinya Tottenham tampil di final European Cup/Liga Champions, menjadi tim kedelapan yang berhasil mencapai final. Enam finalis newbie terakhir selalu menelan kekalahan (juga Chelsea di 2008, Arsenal 2006, Monaco 2004, Bayer Leverkusen 2002, Valencia 2000).

6. Liverpool menjadi tim pertama yang sukses memenangkan Laga final Liga Champions meskipun mencatatkan penguasaan bola lebih kecil ketimbang lawan (35,4%), setelah Jose Mourinho bersama Inter Milan kala mengalahkan Bayern Munchen tahun 2010 lalu.

7. Ini adalah laga final Liga Champions pertama yang tidak diwarnai oleh kartu dari wasit.

8. Mohamed Salah menjadi pemain Afrika kelima yang berhasil mencetak gol di final European Cup/Liga Champions, setelah Rabah Madjer, Samuel Eto'o, Didier Drogba, dan Sadio Mane.

3 dari 3

Lanjutan Lagi

9. Gol pembuka Mo Salah menjadi gol tercepat kedua di final Liga Champions (1:48), hanya kalah dari Paolo Maldini (00:50) untuk AC Milan kala melawan Liverpool di tahun 2005.

10. Origi menjadi pemain Belgia kedua yang mencetak gol di final Liga Champions, setelah Yannick Carrasco untuk Atletico saat menghadapi Real Madrid di tahun 2016. Origi juga mencetak gol dari tiga tembakan tepat sasarannya di ajang Liga Champions musim ini.

11. Trent Alexander-Arnold (20 tahun, 237 hari), menjadi pemain berumur di bawah 21 tahun pertama yang tampil dalam laga final Liga Champions secara berturut-turut.