FOLLOW US:


Lima Alasan Bayern Munchen Bisa Kalahkan Barcelona

14-09-2021 16:30

 | Dimas Ardi Prasetya

Lima Alasan Bayern Munchen Bisa Kalahkan Barcelona
Liga Champions: Barcelona vs Bayern Munchen © Bola.net

Bola.net - Bayern Munchen akan bertandang ke markas Barcelona di pekan perdana Grup E Liga Champions 2021-22 di Camp Nou, Rabu (15/09/2021) dini hari WIB.

Ini adalah pertemuan perdana Bayern dengan Barcelona sejak tragedi pembantaian Camp Nou satu tahun silam. Saat itu Blaugrana dipermalukan dengan skor 2-8.

Momen tersebut menjadi salah satu titik terendah Barcelona di kompetisi paling elit di Eropa tersebut. Hal itu juga yang akhirnya memicu adanya perombakan di tubuh klub Catalan tersebut.

Namun kini Barcelona sudah berubah. Mereka sudah berbenah, namun demikian juga dengan tim asuhan Julian Nagelsmann.

Barcelona musim ini memiliki start yang cukup bagus. Namun Bayern Munchen bakal punya sejumlah alasan untuk bisa mengalahkan tim asuhan Ronald Koeman tersebut.

Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini Bolaneters.

1 dari 5

Tentu Saja, Tak Ada Lagi Lionel Messi

Tentu Saja, Tak Ada Lagi Lionel Messi
Lionel Messi setelah menjalani debut bersama PSG melawan Reims di lanjutan Ligue 1 2021-2022. © AP Photo

Sejak satu dekade lebih, Barcelona bergantung pada Lionel Messi. Hal itu terbayar lunas dengan kesuksesan La Pulga membantu Blaugrana meraih puluhan gelar juara.

Tapi kini Messi sudah cabut dari Barcelona. La Pulga kini memperkuat PSG.

Barcelona memang sudah punya penggantinya yakni Memphis Depay. Namun level pemain Belanda itu jelas jauh di bawah Messi.

Kekuatan Barca berkurang jauh tanpa kehadiran Messi. Bayern Munchen tentu lega mereka tak harus memikirkan cara untuk menahan pemain Argentina tersebut.

2 dari 5

Masalah di Lini Serang Barcelona

Masalah di Lini Serang Barcelona
Bomber Barcelona, Martin Braithwaite, tampak kecewa usai gagal mengeksekusi penalti kala menghadapi Eibar dalam laga lanjutan La Liga hari Rabu (30/12/2020). © AP Photo

Ronald Koeman mengalami masalah pelik jelang laga big match lawan Bayern Munchen ini. Sebab sejumlah pemainnya mengalami cedera, khususnya di lini serang.

Opsi mereka di lini itu berkurang setelah Martin Braithwaite cedera. Ia menyusul Sergio Aguero, Ousmane Dembele, dan Ansu Fati yang masih menjalani perawatan. Sementara itu mereka juga sudah melepas Antoine Griezmann balik ke Atletico Madrid.

Barca memang sudah mendatangkan Luuk de Jong. Namun ini adalah laga debutnya dan ada kemungkinan ia masih belum sepenuhnya nyetel dengan rekan-rekan barunya.

Selain itu lini serang mereka juga belum benar-benar bisa diharapkan. Sejauh ini mereka baru mengemas empat gol saja. Braithwaite dan Memphis Depay masing-masing mengemas dua gol.

Dibanding musim 2020-21 lalu, lini serang Barca sekarang kurang tajam. Di laga pertama musim itu, mereka menang telak 4-0 atas Villarreal. Kemudian di pertandingan kedua melawan Celta Vigo, Barca menang 0-3. Di laga ketiga mereka baru hanya mengemas satu gol saja.

3 dari 5

Masalah di Lini Belakang Barcelona

Masalah di Lini Belakang Barcelona
Athletic Bilbao vs Barcelona di pekan ke-2 La Liga 2021/22 © AP Photo

Barcelona tak punya lini belakang yang kokoh sekarang ini. Dari tiga pertandingan, mereka selalu kebobolan.

Di laga pertama mereka kebobolan dua gol. Di dua laga berikutnya mereka masing-masing kebobolan satu gol.

Hal ini beda jauh dari tiga laga pertama musim 2020-21 lalu. Saat itu Barcelona baru kebobolan gol di laga ketiganya, yakni saat melawan Sevilla. Saat itu laga berakhir imbang 1-1.

Hal ini akan jadi masalah besar. Apalagi Bayern Munchen punya lini serang yang menakutkan.

4 dari 5

Lini Serang Bayern On Fire

Lini Serang Bayern On Fire
Striker Bayern Munchen, Robert Lewandowski © AP Photo

Dan tentu saja, kini ulasan berikutnya adalah tentang ketajaman lini serang Bayern Munchen. Sekarang klub Bavaria itu masih mengandalkan Robert Lewandowski.

Sejauh ini ia sudah mengemas delapan gol dari lima pertandingan. Pelapisnya juga tak kalah tajam. Eric Maxim Choupo-Moting sukses mengemas lima gol dari enam laga.

Lalu masih ada gelandang belia asal Inggris, Jamal Musiala, yang mencatatkan empat gol dari enam laga. Kemudian masih ada penyerang senior lainnya Thomas Muller, yang mengemas dua gol dari enam laga.

Leroy Sane juga mencatatkan jumlah gol yang sama dengan Muller. Demikian pula Serge Gnabry. Namun di laga ini pemain Jerman itu terpaksa absen karena cedera.

5 dari 5

Bayern Unggul Secara Psikologis

Barcelona masih dirundung banyak masalah sekarang ini. Selain cedera pemain, ada juga masalah non teknis yang belum kelar yakni soal utang yang menumpuk.

Selain itu ada juga tentunya kenangan kekalahan 2-8 di Camp Nou, yang kemungkinan besar pasti masih menghantui Barcelona. Hal ini bukan hal baru bagi Blaugrana. Sebab mereka sebelumnya juga pernah dihantui oleh kekalahan dari AS Roma dan Liverpool.

Di sisi lain, Bayern pasti akan datang ke Camp Nou dengan pede. Kemenangan besar setahun yang lalu itu akan jadi modal yang sangat berharga.

Lalu mereka akan menjalani laga ini dengan modal mentereng. Dalam lima laga terakhirnya Bayern selalu menang. Hebatnya mereka mencatatkan 27 gol dari lima laga tersebut dan cuma kebobolan empat gol saja!

Selain itu, Bayern Munchen sendiri juga memiliki keunggulan dalam rekor pertemuan dengan Barcelona. Dari sembilan kali pertemuan, Bayern menang lima kali dan hanya kalah tiga kali saja.

(Bola/Soccerway/Transfermarkt)