5 Negara Terakhir yang Menumbangkan Brasil di Piala Dunia, Korea Selatan Berikutnya?

Aga Deta | 5 Desember 2022 17:41
5 Negara Terakhir yang Menumbangkan Brasil di Piala Dunia, Korea Selatan Berikutnya?
Piala Dunia 2022: Timnas Brasil (c) AP Photo/Andre Penner

Bola.net - Brasil dan Korea Selatan akan saling berhadapan di babak perempat final Piala Dunia 2022. Duel tersebut bakal digelar di Stadium 974, Doha, Qatar, Selasa (6/12/2022) dini hari WIB.

Brasil sangat diunggulkan untuk meraih kemenangan dalam pertandingan ini. Di atas kertas, Brasil mempunyai materi pemain yang lebih baik ketimbang Korea Selatan.

Namun, di Piala Dunia 2022, apa pun dan kejutan bisa terus terjadi. Korea Selatan masih punya kesempatan untuk memenangkan pertandingan seperti saat melawan Portugal.

Brasil selama ini dikenal sebagai tim tersukses di Piala Dunia. Namun, bukan berarti tim Samba tidak bisa ditaklukkan.

Berikut ini adalah lima negara terakhir yang berhasil mengalahkan Brasil di pentas Piala Dunia.

1 dari 5 halaman

1. Kamerun

1. Kamerun

Duel yang terjadi antara gelandang Brasil, Fred dengan gelandang Kamerun, Andre-Frank Zambo Anguissa pada laga ketiga Grup G Piala Dunia 2022, Sabtu (3/12/2022) WIB. (c) AP Photo/Alessandra Tarantino

Kamerun menjadi negara terbaru yang berhasil mengalahkan Brasil di ajang Piala Dunia. Mereka menaklukkan Tim Samba di pertandingan fase Grup G Piala Dunia 2022.

Setelah memenangkan dua laga awal, Brasil menurunkan skuad lapis kedua. Alhasil, Kamerun berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 1-0 lewat gol Vincent Aboubakar.

Meskipun menderita kekalahan, Brasil tetap lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup G. Sementara Kamerun gagal lolos karena menghuni peringkat ketiga.

2 dari 5 halaman

2. Belgia

2. Belgia

Suporter Belgia di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Martin Meissner

Brasil tampil mengesankan di Piala Dunia 2018 dan melaju hingga babak perempat final. Mereka pun bertemu Belgia dengan generasi emasnya pada fase delapan besar.

Namun, Brasil akhirnya harus mengakui keunggulan Belgia dengan skor 1-2. Belgia meraih kemenangan lewat gol bunuh diri Fernandinho dan Kevin De Bruyne. Sementara Brasil hanya mampu membalas melalui Renato Augusto.

Belgia melaju ke semifinal. Namun, pasukan Roberto Martinez menyerah dengan 0-1 di tangan Prancis yang kemudian keluar menjadi juara. Di perebutan juara ketiga, Belgia mampu mengalahkan Inggris.

3 dari 5 halaman

3. Jerman

3. Jerman

Toni Kross mencetak gol di laga Brasil vs Jerman di semifinal Piala Dunia 2014. (c) AFP

Brasil menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 2014. Tim asuhan Luis Felipe Scolari berhasil melaju hingga babak semifinal dengan tidak terkalahkan.

Brasil berhadapan dengan Jerman di babak semifinal yang juga tidak terkalahkan. Tampil di depan pendukungnya sendiri, Brasil justru babak belur di tangan Jerman dengan skor 1-7.

Toni Kroos dan Andre Schurrle tampil impresif dengan mencetak brace. Sementara Thomas Muller, Sami Khedira dan Miroslav Klose masing-masing menyumbang satu gol.

4 dari 5 halaman

4. Belanda

4. Belanda

Suporter Belanda di Piala Dunia 2022. (c) AP Photo/Natacha Pisarenko

Setelah dikalahkan Jerman di babak semifinal Piala Dunia 2014, Brasil masuk perebutan juara ketiga. Mereka pun berhadapan dengan Belanda yang sebelumnya disingkirkan Argentina.

Namun, nasib buruk kembali menimpa tim asuhan Luiz Felipe Scolari. Brasil dihajar Belanda yang dilatih Louis van Gaal dengan skor telak 0-3.

Belanda unggul dua gol di babak pertama lewat penalti Robin van Persie dan Daley Blind. Georginio Wijnaldum kemudian menambah derita Brasil di babak kedua.

5 dari 5 halaman

5. Prancis

5. Prancis

Suporter Timnas Prancis (c) AP Photo

Sebagai juara bertahan, Brasil tampil cukup apik di Piala Dunia 2006. Mereka berhasil melaju hingga perempat final setelah mengalahkan Ghana di babak 16 besar.

Namun, langkah Brasil di Piala Dunia ini hanya sampai perempat final. Tim asuhan Carlos Alberto Parreira dikalahkan Prancis dengan skor tipis 1-0.

Prancis meraih kemenangan berkat gol tunggal Thierry Henry pada menit ke-57. Tim Ayam Jantan mampu melaju hingga final tetapi kalah melawan Italia.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR