5 Pelatih Mahal yang Gagal Meloloskan Timnya ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Aga Deta | 5 Desember 2022 05:36
5 Pelatih Mahal yang Gagal Meloloskan Timnya ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022
Pelatih Timnas Jerman di Piala Dunia 2022: Hansi Flick (c) AP Photo/Martin Meissner

Bola.net - Seorang pelatih mempunyai peran yang sangat penting di sebuah tim. Karena itu, tak sedikit klub atau negara yang berani membayar mereka dengan mahal, termasuk di Piala Dunia 2022 ini.

Sebanyak 32 pelatih beradu taktik di Qatar. Kiprah mereka tentu saja sangat menarik untuk disimak, bukan cuma performa para pemain saja.

Demi meraih prestasi di Piala Dunia 2022 federasi suatu negara rela menggelontorkan banyak uang untuk mempekerjakan pelatih jempolan. Sayang, tidak semua pelatih mampu membawa timnya melangkah jauh di turnamen ini.

Namun, pelatih mahal ternyata tidak menjamin bisa memberikan prestasi bagus di lapangan. Beberapa di antaranya gagal membawa timnya lolos dari fase grup.

Berikut ini lima pelatih dengan bayaran termahal yang gagal meloloskan timnya ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

1 dari 5 halaman

5. Carlos Queiroz

5. Carlos Queiroz

Carlos Queiroz saat memberikan instruksi pada Timnas Iran saat berduel lawan Inggris di laga pembuka Grup B Piala Dunia 2022 di Khalifa International Stadium, Senin (21/11/1022) malam WIB. (c) AP Phot

Carlos Queiroz memiliki catatan panjang dalam mengampu timnas Iran. Dirinya mendapatkan bayaran sebesar 1,5 juta pounds per tahun saat bertarung di Piala Dunia 2022.

Meski begitu, Queiroz gagal membawa Iran lolos ke babak gugur. Mehdi Taremi dan kolega hanya mampu finis di posisi ketiga Grup B.

Iran hanya mengumpulkan tiga poin hasil dari sekali menang dan dua kali kalah. Mereka kalah dari Inggris dan Amerika Serikat.

2 dari 5 halaman

4. Herve Renard

4. Herve Renard

Pelatih timnas Arab Saudi, Herve Renard. (c) AP Photo/Francisco Seco

Arab Saudi sempat menggemparkan dunia kala berhasil membungkam Argentina di laga perdana Grup C. Wakil Asia ini mengalahkan Lionel Messi dan kawan-kawan dengan come back ciamik 2-1.

Namun, itu adalah satu-satunya kemenangan yang berhasil diraih Arab Saudi. Mereka gagal lolos ke fase gugur karena sisanya kalah dari Meksiko dan Polandia.

Herve Renard sendiri telah menjadi pelatih Arab Saudi sejak 2019. Dirinya mendapatkan bayaran sebesar 2 juta pounds per tahun.

3 dari 5 halaman

3. Felix Sanchez

3. Felix Sanchez

Pelatih timnas Qatar, Felix Sanchez (c) AP Photo

Meski berstatus tuan rumah, Qatar tidak bisa berbicara banyak di Piala Dunia 2022. Mereka harus menelan tiga kekalahan dari tiga pertandingan.

Qatar menempati dasar klasemen Grup A dan tidak mendapatkan poin. Mereka kalah 0-2 dari Belanda, 1-3 dari Senegal dan 0-2 dari Ekuador.

Tak heran jika Qatar dicap menjadi tuan rumah terburuk sepanjang Piala Dunia. Padahal sang pelatih Felix Sanchez mendapat bayaran 2,5 juta pounds per tahun.

4 dari 5 halaman

2. Roberto Martinez

2. Roberto Martinez

Pelatih timnas Belgia Roberto Martinez. (c) AP Photo

Hasil mengejutkan diperoleh Belgia sepanjang turnamen. Menempati Grup F bersama Kanada, Maroko dan Kroasia, Belgia ternyata tak mampu lolos ke 16 besar.

Belgia finis di peringkat ketiga dengan koleksi empat poin. Mereka menang 1-0 atas Kanada, imbang 0-0 lawan Kroasia dan menyerah 0-2 dari Maroko.

Roberto Martinez pun mengundurkan diri setelah Belgia terhenti di fase grup. Padahal Martinez mendapat bayaran 3 juta pounds per tahun.

5 dari 5 halaman

1. Hansi Flick

1. Hansi Flick

Hansi Flick saat menangani Jerman di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Ricardo Mazalan

Hansi Flick meraup bayaran sebesar 5 juta pounds per tahun sebagai pelatih Jerman. Hal ini membuatnya keluar sebagai pelatih dengan bayaran tertinggi dalam catatan Piala Dunia 2022.

Meski begitu, Flick termyata tidak mampu membawa Jerman lolos ke babak 16 besar. Hal ini lantaran Jerman menempati posisi ketiga di klasemen Grup E, dengan perolehan skor akhir empat poin.

Meski perolehan poin akhirnya sama dengan saingan ketatnya, Spanyol, tapi Jerman tetap tidak bisa melanjutkan ke fase gugur karena selisih gol. Dalam jumlah gol, Jerman kalah dari Spanyol.

Jangan lupa saksikan Piala Dunia 2022 di SCTV, Indosiar, MOJI, Mentari TV, Nex Parabola dan live streaming di Vidio. Dan ikuti terus berita terbaru Piala Dunia 2022 hanya di Bola.net.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR