Bagaimana Kiprahnya? 3 Pemain yang Datang ke Barcelona Bersama Thierry Henry

Aga Deta | 6 Oktober 2022 17:54
Thierry Henry (c) AFP

Bola.net - Thierry Henry adalah striker yang fenomenal. Mantan pemain timnas Prancis tersebut pernah menjadi bagian dari Barcelona dalam sepanjang kariernya.

Setelah bersinar di Premier League, Henry memutuskan untuk meninggalkan Arsenal pada musim panas 2007. Dia menyelesaikan kepindahan ke Barcelona dengan biaya 24 juta euro pada saat itu.

Henry mereguk kesuksesan yang lebih besar setelah datang ke Camp Nou. Dia menjadi bagian dari skuat Barcelona yang meraih enam gelar sekaligus (sextuple) sepanjang tahun 2009.

Setelah mencetak 49 gol dan 27 assist dari 121 pertandingan untuk Barcelona, Henry melanjutkan kariernya di MLS bersama New York Red Bulls. Kariernya di Camp Nou bisa dikatakan sangat sukses.

Tapi Henry bukan satu-satunya pemain yang datang ke Barcelona pada musim panas itu. Ada tiga pemain lagi yang datang bersama dengannya kala itu. Yuk simak kiprahnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

1. Yaya Toure

Yaya Toure (c) AFP

Yaya Toure didatangkan dari klub Prancis, AS Monaco. Gelandang asal Pantai Gading tersebut kemudian menghabiskan tiga musim bersama Blaugrana.

Toure menjadi starter yang konsisten di Barcelona. Dia membuat lebih dari 100 penampilan untuk Blaugrana.

Namun, Toure tidak disukai Josep Guardiola di bulan-bulan terakhir masa tinggalnya. Toure kemudian pergi ke Manchester City dan membantu mereka menjadi tim yang disegani di Premier League.

2 dari 3 halaman

2. Eric Abidal

Eric Abidal (c) AFP

Eric Abidal bergabung Barcelona dari klub Prancis Lyon. Dia memenangkan dua Liga Champions dan meraih empat gelar La Liga selama enam musim di Barca.

Keberhasilan itu semakin luar biasa, mengingat Abidal didiagnosis menderita kanker hati pada Maret 2011. Setelah menjalani menjalani transplantasi hati, Abidal akhirnya kembali beraksi pada April 2013.

Setelah pensiun sebagai pemain, Abidal kemudian kembali ke Camp Nou untuk bertugas sebagai direktur olahraga. Namun, dia meninggalkan posisinya itu pada tahun 2018.

3 dari 3 halaman

3. Gabriel Milito

Gabriel Milito berseragam Barcelona setelah didatangkan dari Real Zaragoza. Di bawah Frank Rijkaard, dia memainkan 27 pertandingan liga pada musim debutnya di Camp Nou.

Namun, mantan pemain timnas Argentina tersebut menderita cedera ligamen lutut pada 2008. Sejak saat itu, Milito kesulitan untuk mendapatkan kembali kebugarannya.

Milito akhirnya kembali ke klub masa kecilnya, Independiente, pada 2011. Milito memenangkan empat trofi selama empat tahun masa tinggalnya di Barcelona.

Sumber: Planet Football

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR