FOLLOW US:


5 Fakta Menarik Duel Persebaya vs PSIS: Nostalgia Duel Klub Era Perserikatan

30-05-2019 11:02
5 Fakta Menarik Duel Persebaya vs PSIS: Nostalgia Duel Klub Era Perserikatan
Persebaya Surabaya vs PSIS Semarang © Bola.net

Bola.net - Persebaya Surabaya akan menjamu PSIS Semarang dalam laga pekan ketiga Shopee Liga 1 yang disiarkan Indosiar. Laga tersebut akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Kamis malam WIB (30/5/2019).

Pertandingan ini menjadi pertempuran dua klub legendaris era perserikatan di Indonesia. Baik Persebaya dan PSIS merupakan klub tua yang memiliki sejarah panjang di Indonesia. Kedua klub tersebut sudah meramaikan kompetisi Tanah Air sejak era perserikatan 1931-1994.

Jika melihat ke belakang, kedua klub cukup memiliki sejarah rivalitas yang panjang. Tak heran bila pertemuan kedua tim ini selalu layak disebut duel klasik.

Berbicara gelar, Persebaya lebih banyak mengoleksi trofi dengan raihan lima kali juara pada 1950, 1951, 1952, 1975-1976, dan 1977-1978. Adapun PSIS hanya meraih satu-satunya gelar pada 1986-1987. Menariknya, ketika PSIS meraih gelar tersebut adalah karena peringkat keduanya dihuni oleh Persebaya.

Pada tahun itu, Persebaya lebih dulu mengalahkan PSIS dengan skor 2-0 di kandang (7/12/1986). Namun, pada putaran kedua yang PSIS hanya mampu menahan Persebaya dengan skor 0-0.

Meski demikian, akhirnya kedua tim kembali bertemu di final Perserikatan 1987. Kali ini, Dewi Fortuna berpihak pada PSIS, yang berhasil meraih gelar setelah mengalahkan Persebaya dengan skor 1-0.

Kali ini, keduanya akan kembali bertemu di pentas tertinggi sepak bola Indonesia. Pertandingan tentu akan berlangsung sengit karena kedua tim bakal tampil ngotot.

Terutama Persebaya, yang belum pernah menang pada musim 2019. Meski begitu, PSIS juga tak bisa dipandang sebelah mata karena pada pekan sebelumnya berhasil mengalahkan juara bertahan Persija Jakarta melalui comeback dramatis dengan skor 2-1.

Berikut lima fakta menarik jelang pertandingan Shopee Liga 1 2019 antara Persebaya Surabaya versus PSIS Semarang hasil rangkuman Bola.com:

1 dari 1

Fakta Menarik Persebaya vs PSIS

1. Persebaya Surabaya mengawali musim ini dengan buruk, yakni meraih sekali imbang dan menelan sekali kekelahan.

2. Setelah membuka musim dengan kekalahan 1-2 atas Kalteng Putra, PSIS Semarang berhasil bangkit pada laga pekan kedua dengan membenamkan Persija Jakarta dengan skor 2-1.

3. Tahun lalu, kekuatan kedua tim cukup berimbang di mana Persebaya menang 1-0 di Surabaya, dan PSIS Semarang juga menang 1-0 ketika bermain kandang.

4. Pertemuan paling legendaris antara Persebaya melawan PSIS terjadi pada final Perserikatan 1987. Ketika itu, Laskar Mahesa Jenar berhasil mengalahkan Persebaya dengan skor 1-0 sekaligus menggondol trofi pertama kompetisi tersebut sepanjang sejarah.

5. Persebaya wajib mewaspadai Hari Nur Yulianto yang sedang pada pertandingan selanjutnya mencetak dua gol untuk PSIS.

Sumber: Bola.com