FOLLOW US:


Hamka Hamzah Isyaratkan Pensiun Akhir Musim 2020

08-11-2019 20:26

 | Serafin Unus Pasi

Hamka Hamzah Isyaratkan Pensiun Akhir Musim 2020
Hamka Hamzah © Bola.com/Iwan Setiawan

Bola.net - Hamka Hamzah mulai menyiapkan rencana untuk musim depan. Stopper Arema FC ini menyiratkan bakal menjadikan musim depan sebagai musim terakhirnya berstatus pesepak bola.

"Setelah musim depan, saya akan pensiun. Ini merupakan akhir perjalanan Hamka Hamzah sebagai pemain," ucap Hamka.

"Saya pastikan akan pensiun di Arema," sambungnya.

Menurut Hamka, keputusannya ini tak lepas dari ketatnya persaingan yang ada di kompetisi. Ketatnya kompetisi ini tak lepas dari padatnya jadwal kompetisi.

Hamka sendiri mengaku pada musim ini sedikit keteteran dengan jadwal musim 2019. Padatnya jadwal membuat proses recovery pemain, terutama pemain yang usianya di atas 30 tahun.

"Untuk pemain berusia 20 sampai 30 tahun, mungkin waktu ini bisa dimanfaatkan untuk memulihkan diri. Namun, untuk pemain di atas 30 tahun, hal ini tidak cukup," tuturnya.

Jadwal kompetisi musim ini sendiri banyak mendapat sorotan. Pasalnya, jarak antarpertandingan pada Shopee Liga 1 musim 2019 ini mepet.

Bagi Arema sendiri padatnya jadwal ini memakan korban. Sejumlah pemain mereka tumbang akibat cedera dan sakit akibat kelelahan.

Apa rencana Hamka usai memutuskan pensiun akhir musim depan? Simak di bawah ini.

1 dari 1

Tak Lepas dari Sepak Bola

Menurut Hamka, kendati tak lagi berstatus pesepak bola, ia tak akan meninggalkan lapangan hijau. Pemain berusia 35 tahun tersebut mengaku akan meneruskan karirnya di sepak bola sebagai pelatih.

"Saya mau jadi asisten pelatih," tutur Hamka.

"Saya juga ingin pelatih tim usia muda," sambungnya.

Hamka sendiri memiliki cita-cita untuk menemukan sosok pemain muda. Ia pun berharap bisa mengentaskan talenta-talenta muda dari Malang Raya.

"Saya ingin mencari dan mengembangkan talenta-talenta muda dari Malang Raya," ia menandaskan.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)