FOLLOW US:


Bos Dorna Temui Jokowi, Siap Gelar MotoGP Indonesia 2021

12-03-2019 09:50
Bos Dorna Temui Jokowi, Siap Gelar MotoGP Indonesia 2021
Presiden Joko Widodo bertemu Carmelo Ezpeleta di Istana Bogor. © Twitter/MotoGP

Bola.net - Proyek pembangunan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, tampaknya memang sangat serius untuk dijalankan demi menggelar MotoGP dan WorldSBK pada 2021 mendatang. Hal ini terbukti dari kunjungan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta ke Istana Bogor untuk bertemu Presiden Joko Widodo, Senin (11/3).

Ezpeleta sejatinya telah mengunjungi area potensi pembangunan Sirkuit Mandalika pada Oktober tahun lalu, dan akhirnya mencapai kesepakatan dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk menggelar MotoGP dan WorldSBK 2021-2023 di Madrid, Spanyol pada akhir Januari lalu.

Lintasan tersebut akan bergaya street circuit, yang akan menjalani proses homologasi dari Federasi Balap Motor Internasional (FIM) sekalinya selesai dibangun. Saat tak ada event balap digelar, maka lintasannya akan digunakan oleh umum. Sirkuit yang akan dibangun mulai September mendatang, nantinya akan memiliki panjang 4,32 km dan terdiri dari 18 tikungan.

1 dari 2

Jokowi Pastikan Sirkuit Segera Dibangun

Jokowi Pastikan Sirkuit Segera Dibangun
Presiden Joko Widodo bertemu Carmelo Ezpeleta di Istana Bogor. © Twitter/Jokowi/MotoGP

Dalam kunjungan ini, Ezpeleta tak hanya bertemu dengan Jokowi, melainkan juga Menteri Olahraga dan Pemuda, Imam Nahrawi. Ia pun didampingi oleh pebalap Indonesia yang tengah menjalani debut di Moto2 bersama Idemitsu Honda Asia, Dimas Ekky Pratama.

"Indonesia siap menjadi tuan rumah balap motor MotoGP 2021 di sirkuit jalanan kawasan wisata Mandalika, NTB. Kesiapan kita itu saya sampaikan kepada Carmelo Ezpeleta, bos Dorna, penyelenggara MotoGP, yang datang ke Istana Bogor, kemarin. Sirkuit Mandalika segera kita bangun," tulis Jokowi lewat akun Twitter-nya.

2 dari 2

Pemerintah Serius Beri Dukungan

Pemerintah Serius Beri Dukungan
Presiden Joko Widodo bertemu Carmelo Ezpeleta di Istana Bogor. © Instagram/Nahrawi_Imam

Lewat Instagram, Imam Nahrawi juga menegaskan bahwa pemerintahan Indonesia benar-benar serius membawa Indonesia kembali dalam kalender balap Grand Prix motor dunia sejak 1997.

Pernyataan resmi Menpora Imam Nahrawi:

"Bapak Presiden @Jokowi dukung penuh kesiapan gelaran MotoGP 2021 di Mandalika. Hal ini disampaikan beliau saat menerima CEO Dorna, Dirut ITDC, dan pembalap nasional, di Istana Bogor, sore tadi.

Pemerintah betul-betul telah mengupayakan lahirnya sebuah sejarah MotoGP di Indonesia, dan ini telah diupayakan secara maksimal oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sebagai pengelola kawasan Mandalika.

Rencananya MotoGP Indonesia 2021 menggunakan konsep berupa sirkuit jalanan. Sirkuit tersebut akan dipadukan dengan keindahan alam Mandalika

Sekarang pihak Dorna Sport SL, Carmelo Ezpeleta betul-betul mendapat kepastian secara langsung dari Bapak Presiden. Pemerintah mendukung penuh persiapan infrastruktur, penyelenggaraan maupun prestasi."