FOLLOW US:


Ducati Bandingkan Cedera Dovizioso dengan Insiden Lorenzo di Assen 2013

01-07-2020 12:25

 | Anindhya Danartikanya

Ducati Bandingkan Cedera Dovizioso dengan Insiden Lorenzo di Assen 2013
Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso © Ducati

Bola.net - Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti, meyakini Andrea Dovizioso bisa pulih dari cedera patah tulang bahu dalam waktu singkat sebelum MotoGP 2020 dimulai, apalagi usai mengingat insiden kecelakaan yang dialami Jorge Lorenzo di Assen, Belanda, pada 2013 lalu.

Cedera itu dialami Dovizioso usai kecelakaan dalam balapan kejuaraan regional motocross Monte Coralli di Faenza, Italia, Minggu (28/6/2020). Ia telah dioperasi pada malam hari usai insiden terjadi, dan diperkirakan bisa pulih dalam waktu tiga pekan saja.

Meski sempat cemas, dan yakin insiden ini bisa menghambat persiapan fisik dan mental Dovizioso sebelum musim baru dimulai di Jerez, Spanyol, 17-19 Juli nanti, Ciabatti menyebut Ducati santai saja karena cedera ini bukan cedera yang tergolong parah.

1 dari 3

Kenang Lorenzo di Assen 2013

"Tentu insiden ini akan memperlambat persiapan karena Andrea harus menjalani beberapa sesi fisioterapi, dan akan melakukan beberapa hal berbeda dari biasanya. Tapi untungnya, ada cukup waktu pemulihan untuk cedera macam ini," ujarnya via MotoGP.com, Selasa (30/6/2020).

Ciabatti juga mengingat insiden cedera patah tulang bahu yang dialami Lorenzo di Assen pada 2013. Kala itu, ia terjatuh keras pada sesi latihan pada Kamis, dan menjalani operasi pada malam harinya di Barcelona, Spanyol, namun kembali lagi ke Assen pada Jumat.

Pada Sabtu, Lorenzo pun ikut balapan. Start dari posisi 12, ia sukses finis kelima meski kesakitan. Ciabatti pun yakin, jika Lorenzo bisa tampil baik hanya dua hari setelah operasi, Dovizioso juga bisa melakukannya lebih baik lagi berkat masa pemulihan yang lebih lama.

2 dari 3

Pebalap MotoGP Manusia Berbeda

"Kita ingat para rider seperti Jorge Lorenzo, yang beberapa tahun lalu di Assen mengalami kecelakaan pada Jumat dan menjalani operasi pada Sabtu, namun malah siap ikut sesi pemanasan pada Minggu," kenang Ciabatti.

"Jadi, pebalap adalah jenis manusia yang berbeda, dan untungnya cedera macam ini, yang tak terlalu parah, bisa sembuh dengan cepat. Kami dan Andrea pun cukup yakin Andrea bakal benar-benar oke untuk awal musim 2020," pungkasnya.

Dovizioso dan para rider MotoGP lainnya akan kembali berjumpa di lintasan pada seri pertama di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli, yang didahului dengan sesi uji coba tambahan pada 15 Juli.

3 dari 3

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika