FOLLOW US:


Usai Dua Musim Buruk, Vinales Tenang Hadapi MotoGP 2019

08-03-2019 12:40
Usai Dua Musim Buruk, Vinales Tenang Hadapi MotoGP 2019
Maverick Vinales © Yamaha

Bola.net - Pebalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales tampaknya memiliki suasana hati yang sangat baik menjelang seri pembuka MotoGP 2019 yang digelar di Sirkuit Losail, Qatar akhir pekan ini. Mengingat hasil uji coba pramusim yang menjanjikan, Vinales pun optimistis bisa meraih hasil yang lebih baik ketimbang dua musim terakhir.

Selama uji coba di Valencia, Jerez, Malaysia dan Qatar, rider 24 tahun ini mampu tampil baik dan konsisten berada di papan atas. Menurutnya, ini semua berkat kerja keras Yamaha dalam memperbaiki performa YZR-M1 dan perjuangan timnya dalam mencari setup yang sempurna untuk gaya balapnya.

"Kami bekerja sangat keras. Kami melakukan banyak perubahan setup untuk lap-lap pertama, dan tampaknya berhasil. Tadinya saya berkendara dengan setup yang tampaknya terlalu lembut untuk lap-lap pertama, padahal pada momen itulah Anda harus ngotot dan mengerem agresif dengan tangki penuh demi menyalip lawan," ujarnya kepada Crash.net.

1 dari 2

Fokus Akselerasi dan Konsumsi Ban

Start balapan memang menjadi kelemahan Vinales selama dua tahun terakhir, dan mengingat masalah yang satu ini telah teratasi, ia kini kembali fokus pada performa akselerasi M1 dan juga konsumsi ban belakangnya yang masih bermasalah.

"Dengan perubahan setup ini, kami mengatasi masalah yang ada. Tapi seperti biasa, Anda mengatasi beberapa area, sementara di tempat lain masalah bisa muncul. Jadi kita lihat saja nanti keseimbangannya dan memutuskan area mana yang lebih menguntungkan," ungkapnya.

2 dari 2

Kondisi Mental yang Lebih Baik

Meski menyadari Yamaha masih perlu memperbaiki banyak hal, ia yakin mereka telah mempersempit margin ketertinggalan dari para rival. Dengan level performa yang menjanjikan ini, Vinales mengaku dirinya jadi memiliki kondisi mental yang jauh lebih baik ketimbang dua musim belakangan.

"Saya coba menghadapi musim ini dengan ketenangan, dengan mindset yang positif. Sangat penting merasa nyaman di atas motor dan kami harus percaya pada feeling kami. Selama pramusim, saya bekerja dengan cara saya sendiri, berkendara dengan gaya balap sendiri dan saya menyukai motor kami. Yamaha telah bekerja keras, tapi tentu kami harus lebih baik lagi," tutupnya.