FOLLOW US:


Ragam Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Antioksidan

16-09-2020 18:00

 | Anindhya Danartikanya

Ragam Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Antioksidan
Ilustrasi kentang. © pexels.com/pixabay

Bola.net - Kentang merupakan salah satu sumber karbohidrat yang cukup digemari sebagai pengganti nasi dan singkong. Kentang mudah ditemukan di pasaran dengan harga tidak terlalu mahal. Kentang juga tergolong mudah untuk diolah dan dikreasikan.

Bahkan, kentang cukup populer dengan diolah menjadi berbagai menu makanan, termasuk camilan. Biasanya kentang diolah sayur sup, kentang goreng, donat kentang dan lain sebagiannya.

Kandungan gizi kentang memang tidak perlu diragukan lagi. Meskipun komposisinya didominasi oleh karbohidrat, kentang juga mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting bagi kesehatan tubuh.

Kentang memiliki kandungan vitamin A, vitamin B-kompleks, vitamin C, hingga asam folat. Jenis umbi-umbian ini juga memiliki senyawa solanin yang dikenal sebagai obat penenang, anti kejang, anti jamu, dan pestisida.

Kandungan gizi kentang tidak bisa dianggap remeh. Sebaiknya Anda mengonsumsi kentang dengan cara direbus atau dipanggang, bukan digoreng. Beragam kebaikan yang terkandung di dalam kentang. Apa saja kira-kira?

Simak langsung penjelasannya di bawah ini. Berikut sejuta manfaat kentang bagi kesehatan tubuh yang belum banyak diketahui, dirangkum dari Healthline dan MedicalNewsToday, Sabtu (12/9/2020).

1 dari 5

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

1. Mengandung antioksidan

Kentang memiliki kandungan antioksidan yang berperan mencegah radikal bebas muncul yang biasanya merusak sel tubuh. Kandungan seperti flavonoid, karetonoid, dan asam fenolik yang mampu menangkal radikal bebas.

Mengonsumi kentang dipercaya dapat menekan pertumbuhan sel kanker hati dan usus besar dan menurunkan risiko penyakit tersebut.

2. Mengontrol gula darah

Banyak yang bilang kalau kentang buruk bagi diabetes, padahal sebaliknya. Mengonsumsi kentang yang menjadi sumber karbohidrat yang satu ini cukup aman bagi diabetes.

Manfaat kentang dapat membantu mengendalikan gula dalam darah bagi diabetes. Kandungan pati yang banyak di dalam kentang yang tidak bisa diserap sepenuhnya oleh tubuh akan menjadi sumber nutrisi untuk bakteri baik yang ada dalam usus.

Dalam sebuah penelitian Medicine (Baltimore) 2015 menyatakan bahwa mengonsumsi kentang atau makanan yang mengandung pati resisten dapat membuat kerja insulin, hormon pengendali gula darah, menjadi lebih optimal dan gula darah terbukti lebih stabil.

2 dari 5

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

3. Membantu pencernaan

Kentang membantu menjaga diare karena kandungan serat yang mendukung dan meningkatkan keteraturan sistem pencernaan. Kandungan pati resisten yang dimiliki kentang ternyata juga bisa membantu memperbaiki sistem pencernaan.

Saat kentang masuk ke dalam usus, pati resisten ini akan dimakan oleh bakteri baik. Kemudian, bakteri baik tersebut akan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek.

Asam lemak rantai pendek ini yang punya segudang manfaat bagi kesehatan, seperti dapat mengurangi risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar, dan mengurangi risiko kanker kolorektal (kanker usus besar).

Mengonsumsi kentang sangat penting untuk membantu orang yang sedang mengalami infeksi usus, seperti penyakit Crohn, atau divertikulitis.

4. Bebas gluten

Diketahui kentang tidak memiliki kandungan gluten. Kentang adalah pilihan tepat untuk dikonsumsi bagi orang yang mengalami masalah dalam mengolah gluten seperti penyakit celiac. Mengonsumsi kentang bisa menjadi solusi bagi Anda yang alergi gluten dan bisa dijadikan pengganti nasi yang tepat.

3 dari 5

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

5. Membuat kenyang

Kentang bisa menjadi sumber karbohidrat pengganti nasi yang tepat bagi Anda yang sedang diet. Kandungan kalori yang lebih rendah pada kentang dapat membuat Anda lebih kenyang sehingga bisa menurunkan berat badan.

Kentang memiliki protein yang dikenal sebagai potato proteinase inhibitor 2 (PI2). Kandungan protein ini mampu mengurangi nafsu makan dan memicu produksi cholecystokinin (CCK) yang menimbulkan rasa kenyang.

6. Melindungi organ jantung

Manfaat selanjutnya mengonsumsi kentang adalah berperan melindungi organ jantung. Hal ini didukung karena kentang memiliki kandungan vitamin B6, vitamin C, serat, dan potasium. Nutrisi tersebut sangat baik bagi kesehatan jantung. Di samping itu, mengonsumsi kentang membantu menurunkan kolesterol sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Baik untuk tulang

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi kentang mampu menjaga kesehatan tulang dan keseimbangan tubuh. Kentang memiliki kandungan seperti kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan fosfor yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang.

4 dari 5

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Tubuh

8. Mencerahkan kulit

Tak hanya bermanfaat sebagai kesehatan, kentang juga dipercaya memiliki khasiat mampu membantu mencerahkan kulit. Khasiat ini diperoleh karena kentang mengandung seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin E yang cukup tinggi.

Anda tinggal membuat masker kentang untuk memberikan nutrisi pada kulit. Menggunakan masker kentang yang dicampur dengan bahan lain seperti yogurt dan jus lemon sangat bermanfaat untuk kulit Anda.

9. Menjaga kesehatan sistem saraf

Kentang kaya akan vitamin B6 yang berfungsi dalam menjaga kesehatan sistem saraf. Mengonsumsi kentang akan menciptakan bahan kimia otak seperti dopamin, noreprinefrin, dan serotonin.

Hal ini akan menyehatkan saraf otak dan bahan kimia tersebut bisa mengobati depresi dan mencegah stres. Sementara itu, kandungan kalium yang terdapat di dalam kentang akan membantu mengalirkan darah ke otak, membantu kita untuk lebih fokus.

Sumber: Healthline, MedicalNewsToday | Disadur dari: Bolacom (Alfi Yuda, Aning Jati) | Dipublikasi: 12 September 2020

5 dari 5

Video: Danny Welbeck dan 4 Pemain Debutan Termuda Manchester United di Premier League