FOLLOW US:


Mencetak Gol Bukan Lagi Prioritas Lionel Messi

15-01-2020 20:56

 | Dimas Ardi Prasetya

Mencetak Gol Bukan Lagi Prioritas Lionel Messi
Lionel Messi © AP Photo

Bola.net - Superstar Barcelona Lionel Messi mengaku mencetak gol bukan lagi prioritas utamanya karena ingin melihat pemain lain melakukannya.

Messi adalah jaminan gol. Ia adalah mesin gol bagi Barcelona dan juga Timnas Argentina.

Messi hampir pasti akan menjamin kemenangan timnya dengan sumbangan gol-golnya. Maka tak heran apabila di sepanjang karirnya, sudah ratusan gol telah ia cetak.

La Pulga juga telah memecahkan banyak rekor dalam urusan mencetak gol. Contohnya saja sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di pentas La Liga.

Kemampuan itu juga yang membuatnya didapuk sebagai pemain terbaik di dunia saat ini. Bahkan ia juga disebut sebagai salah satu pemain terbaik dalam sepanjang sejarah sepak bola.

1 dari 2

Mundur Selangkah

Lionel Messi saat ini sudah berusia 32 tahun. Pada bulan Juni nanti ia akan genap berusia 33 tahun.

Jelas, Messi kini berada dalam tahap akhir dalam karirnya sebagai pesepakbola. Ia pun mengaku seiring mendekatnya waktunya untuk gantung sepatu, ia kini mengambil langkah mundur dalam urusan mencetak gol demi memberi kesempatan kepada pemain lain untuk bersinar.

"Saya semakin kurang memikirkan tentang mencetak gol. Saya mulai lebih melangkah mundur dan lebih menjadi pemain yang menciptakan daripada orang yang mencetak gol," kata Messi kepada La Liga di DAZN.

“Jelas saya suka mencetak gol dan Jika punya kesempatan saya akan menerimanya, tetapi setiap kali saya pergi ke lapangan saya kurang fokus untuk mencetak gol dan lebih fokus pada permainan. Saya tidak pernah terobsesi dengan gol," tegasnya.

"Saya mengerti bahwa orang-orang akan membicarakannya ketika saya berhenti mencetak begitu banyak gol, tapi itu bagian dari permainan, bagian dari tumbuh sebagai pemain dan beradaptasi dengan zaman, untuk menjadi pemain terbaik baik untuk diri sendiri maupun untuk tim," tegasnya lagi.

2 dari 2

Masa-masa Sulit

Lionel Messi adalah seorang predator yang sangat berbahaya. Namun ia juga pernah mengalami masa-masa sulit di mana ia kesulitan untuk mencetak gol.

"Ada waktu di mana saya tidak mencetak banyak gol. Saya selalu mencetak gol untuk Argentina dan tim muda Barcelona, tetapi saya mengalami kesulitan mencetak gol selama beberapa tahun pertama saya bermain di tim utama. Saya akan membuat kesalahan atau tidak beruntung," bebernya.

"Saya memiliki banyak peluang tetapi saya tidak bisa mencetak gol, sampai suatu hari semuanya berbunyi klik dan bola mulai masuk ke gawang. Butuh beberapa tahun sebelum itu terjadi," ujarnya.

"Saya ingat [Samuel] Eto'o mengatakan kepada saya: 'pada hari Anda mulai mencetak gol, Anda tidak akan berhenti'," kenang Messi.

Lionel Messi sejauh ini telah tampil sebanyak 707 kali bagi Barcelona di semua ajang kompetisi. Total, ia mengemas 619 gol plus 252 assist bagi klub Catalan tersebut.

(dazn)